Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> BPPT Harus Berinovasi Mudahkan Layanan Perizinan

BPPT Harus Berinovasi Mudahkan Layanan Perizinan

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram meminta Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) bekerja lebih masif. Menurutnya, BPPT tidak hanya menunggu datangnya perizinan tapi langsung datang ke masyarakat. Kerja seperti ini menurut dia merupakan bentuk pelayanan nyata yang harus dijalankan untuk memberikan kepuasan pelayanan.
Muharram menilai pelayanan perizinan merupakan cerminan kinerja kepala daerah. Jika pelayanan memuaskan, maka itulah capaian kinerja pemerintah. Sebagai instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, BPPT diminta untuk lebih memudahkan pengurusan perijinan, salah satunya dengan sistem jemput bola. Ia tidak ingin ada masyarakat yang merasa kesulitan untuk mendapat perizinan.
“Ini adalah tugas kita untuk memberikan pelayanan, BPPT ini adalah cerminan dari kinerja pemerintah, jadi bantu saya bantu pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Muharram.
BPPT ditegaskan dia saat ini dituntut berinovasi dengan melahirkan program terobosan meningkatkan minat masyarakat mengurus perizinan. Salah satu perijinan yang menurut Muharram bisa diprogramkan jemput bola adalah pemberian izin mendirikan bangunan (IMB) yang potensial untuk dimaksimalkan.
Dia memperkirakan laju pertumbuhan pembangunan pemukiman di Kabupaten Berau, banyak masyarakat yang belum memiliki IMB. Padahal selain merupakan kewajiban dalam penataan pendirian bangunan, perijinan IMB juga menjadi salah satu sumber pendapatan daerah melalui retribusi IMB.
“Kita jangan hanya duduk dan menunggu masyarakat datang mengurus perizinan, tapi kita jemput bola, temui masyarakat dan ajak untuk mengurus perizinan, seperti mengurus IMB,” jelasnya. (sam)