Jumat, 02/06/2017

Jalur Kereta Kalbar akan Dibangun 2019

Jumat, 02/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Jalur Kereta Kalbar akan Dibangun 2019

Jumat, 02/06/2017

PONTIANAK - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalimantan Barat Ahi memastikan pada 2019 mendatang program pembangunan rel kereta api akan dimulai di provinsi itu.

“Rencana pembangunan rel kereta api di Kalimantan Barat akan diprioritaskan pada tahun 2019 nanti. Untuk tahun 2018, programnya akan dimulai di Kalimantan Timur dan Tengah terlebih dahulu,” kata Ahi di Pontianak, Jumat (2/6).

Saat ini, rencana pembangunan rel kereta api di Kalbar sudah masuk dalam tahap penyusunan uji kelayakan yang dilakukan oleh Dirjen Perkeretaapian. Rencananya, kata Ahi, untuk tahap awal pembangunan rel kereta api itu akan dilakukan di kota Pontianak, Mempawah, Singkawang, dan Sambas, khususnya di wilayah perbatasan. Tahap berikutnya dari titip kota Pontianak, Landak, Sanggau. “Kita masih mengupayakan agar jalur kereta api itu bisa langsung menuju Kapuas Hulu. Namun, ini masih dalam tahap pengajuan, sementara untuk daerah lainnya sudah masuk dalam program kerja Kementerian Perhubungan,” katanya.

Ahi menjelaskan, dari hasil kajian Dirjen Perkeretaapian jalur kereta api yang ada di Kalbar akan melewati beberapa wilayah tanah gambut dan itu yang dinilai cukup berat. “Namun, itu sudah ada solusinya dimana akan ada perlakukan khusus untuk rel yang melewati tanah gambut itu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Barat Munsin mengatakan, pihaknya justru tidak mengetahui sejauh mana perkembangan rencana pembangunan jalur kereta api di Kalbar. “Kita memang sudah mendengar tentang program itu. Namun, itu langsung ditangani oleh Kementerian dan pemda. Sementara kami dari Dishub Kalbar tidak pernah dilibatkan,” kata Munsin.

Meski demikian, dia tetap mendukung rencana pembangunan rel kereta api tersebut mengingat manfaat yang didapat dari adanya kereta api itu akan sangat besar bagi masyarakat. “Rencananya kereta api itu akan diutamakan untuk kargo. Jika demikian, biaya distribusi barang tentu akan lebih murah dengan adanya kereta api ini, sehingga ini juga akan mempengaruhi murahnya harga barang di daerah,” tuturnya. (ant)

Jalur Kereta Kalbar akan Dibangun 2019

Jumat, 02/06/2017

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.