Kamis, 15/06/2017

Stok Darah di Kubar Menipis

Kamis, 15/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

Stok Darah di Kubar Menipis

Kamis, 15/06/2017

SENDAWAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kubar mengalami krisis stok darah. Bank Darah PMI Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Harapan Insan Sendawar (HIS) mengungkap dengan kondisi ini pemberian darah harus sangat selektif.

Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kubar menyatakan hingga, Rabu (14/6) stok darah di UTD tersisa 35 kantong. PMI Kubar masih terus bergerak untuk mendapatkan darah tambahan.

“Sisa 35 kantong terdiri darah golongan A 10 kantong, B (11), O (10), dan AB (4). Hanya itu stok yang tersisa di UTD RSUD HIS,” tegas Ketua PMI Kubar Y Puncan Karna, melalui Kepala UTD PMI Kubar, dr Eri Sarudin, sore kemarin.

Keperluan tambahan darah kata dia hanya bisa diberikan kepada pasien emergency (gawat darurat) saja. Sedangkan pasien biasa yang memerlukan darah, disarankan membawa pendonor untuk darah pengganti di PMI.

“Kekurangan stok darah ini karena pendonor berkurang, mungkin berkaitan dengan Bulan Ramadhan. Padahal biasanya setiap bulan rutin pendonor tetap dari sejumlah perusahan, Polres dan Kodim 0912 Kubar, serta masyarakat umum,” ungkapnya.

Sebagai perbandingan, setiap bulannya diperlukan rata-rata 200-300 kantong darah. Sehingga dengan stok hanya 35 kantong, membuat PMI bekerja keras dalam menyediakan darah bagi Bank Darah PMI Kubar.

Jika dirata-rata, dengan stok 35 kantong darah, PMII Kubar hanya bisa melayani kebutuhan darah kurang dari 10 hari saja.

“Per 31 Mei lalu, PMI Kubar rutin mendapat 200 kantong darah dari pendonor. Kekurangan stok darah ini sangat terasa. Padahal setiap hari selalu ada masyarakat yang membutuhkan darah,”  jelasnya.

Eri Sarudin berharap masyarakat suka rela mendonorkan darahnya ke PMI Kubar. “Jika dalam beberapa hari ke depan stok semakin menipis, maka PMI Kubar segera berkordinasi dengan PMI provinsi dan PMI Kukar berkoordinasi menyangkut peminjaman darah,” imbuhnya. (imr)


Stok Darah di Kubar Menipis

Kamis, 15/06/2017

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.