Kamis, 15/06/2017

UNMUL Siapkan 17 Prodi Kejar Akreditasi A

Kamis, 15/06/2017

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

UNMUL Siapkan 17 Prodi Kejar Akreditasi A

Kamis, 15/06/2017

SAMARINDA - Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akhirnya menerbitkan akreditasi A kepada Universitas Mulawarman (Unmul) untuk institusinya. Banyak kalangan menilai seharusnya Unmul sudah mengantongi akreditasi A sudah sejak lama.

Penilaian itu diterima oleh Rektor Unmul, Prof. Masjaya. Ia mengaku tak terlalu puas dengan hadiahnya terhadap universitas terbesar di Kaltim ini. Pasalnya, Akreditasi A yang sudah dikantongi Unmul baru diperoleh saat usia Kampus Gunung Kelua menginjak 55 tahun.

“Karena usianya 55 tahun baru dapat A, padahal banyak universitas baru 20 atau 30 tahun sudah dapat A,” ujar Masjaya ditemui di ruangannya, Rabu (14/6) kemarin.

Idealnya kata dia akreditasi institusi dibangun oleh solidnya akreditasi program studi. Masjaya membeber, Unmul baru menyiapkan setidaknya 17 Prodi (Program Studi) yang berpotensi meraih akreditasi A.

“Belum A ya, masih B gemuk,” ucapnya.

Namun kata dia, Unmul mampu meyakinkan BAN PT bahwa Unmul memiliki potensi besar dalam mekanisme yang telah dibangun, agar ke depan prodi tersebut mendapatkan nilai A.

Caranya, beber Masjaya, dirinya memetakan kekurangan kemudian mendatangkan asesor untuk melakukan bimbingan teknis (Bimtek) mengenai adminstrasi pengumpulan bahan untuk pengisian Borang.

Selain itu, ia juga melalukan perjanjian dengan para dekan, agar pada tahun 2018, minimal ada 1 prodi yang mendapatkan akreditiasi A. Targetnya, 10 persen di 2018 prodi di unmul mendapatkan akreditasi A.

Dorongan juga diberikan berupa sumbangan dana. Dimana universitas menggelontorkan sediktinya Rp25 juta, kepada Prodi untuk memulai dan sebagai perangsang kepada staff dan SDM. Jumlah ini belum termasuk yang diberikan pihak fakultas.  

“Kami beri supaya mereka termotivasi, tidak hanya urusan administrasi, tapi juga untuk mendorong makin banyaknya jurnal-jurnal internasional yang dihasilkan, sebagai salah satu indikator penilaian,” paparnya.

Pada tataran lebih luas, Masjaya mengatakan Unmul memulai dengan cara terbaru, yaitu dengan mendatangkan para rektor dari universitas yang lebih maju. Kehadiran mereka memberikan orasi ilmiah pada momen wisuda. 

Cari ini dianggap Masjaya efektif, karena saat itu semua civitas akademika hadir dan akan lebih mudah menerima saran. Alasannya, pemateri adalah mereka yang sudah terbukti suskes.

“Kami pernah menghadirkan Rektor Universitas Brawijaya, IPB, ITB dan lainya,” ungkap dia. (rs)


UNMUL Siapkan 17 Prodi Kejar Akreditasi A

Kamis, 15/06/2017

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.