Jumat, 16/06/2017

TNI Identifikasi 16 Daerah Kantong ISIS

Jumat, 16/06/2017

Gatot Nurmantyo

Join Grup Telegram Koran Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/+SsC4jer3I5syZWU1 atau klik tombol dibawah ini.

Grup Telegram Koran Kaltim

kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel.

Berita Terkait

0

TNI Identifikasi 16 Daerah Kantong ISIS

Jumat, 16/06/2017

logo

Gatot Nurmantyo

JAKARTA - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo, mengatakan ada 16 tempat di Indonesia yang terindikasi menjadi basis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Gatot berujar sel-sel ISIS di 16 daerah ini masih tertidur dan tinggal menunggu waktunya untuk melancarkan aksi. 

“Tinggal kapan bangunnya,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/6). Dari 16 daerah itu, di antaranya ada NTB, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Menurut dia, potensi menguatnya ISIS di Indonesia akan semakin berbahaya jika tidak menutup jalur masuk kelompok ISIS yang berasal dari Marawi, Filipina.

TNI, kata Gatot, telah melakukan patroli dan menutup jalur-jalur mulai dari pulau-pulau yang dekat dengan perbatasan seperti Pulau Marore dan Pulau Miangas. 

“Pelarian ke Tarakan kami tutup, pelarian ke arah Bitung lewat Marore, Miangas, Tahuna, Talaud kami tutup. Yang menuju ke Maluku Utara juga kami tutup,” katanya 

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan patroli udara dan laut untuk menjaga masuknya kelompok ISIS ke Indonesia. “Kapal selam pun ditaruh di sana dan di tiap-tiap pulau tadi diadakan penebaran,” ujarnya.

Mantan Kepala Staf TNI AD ini berujar telah lama mengingatkan bahwa ada pusat ISIS wilayah Asia Tenggara di Filipina Selatan. Ia mengaku bersyukur bahwa Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mau mengesampingkan prinsip hak asasi manusia guna melindungi warganya dari aksi teror.

Sementara itu, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu berujar akan ada pertemuan bersama Menteri Pertahanan Malaysia dan Filipina, 19 Juni 2017 di Tarakan, Kalimantan Utara. Pertemuan ini untuk membahas antisipasi masuknya kelompok ISIS di Asia Tenggara. (tco)


TNI Identifikasi 16 Daerah Kantong ISIS

Jumat, 16/06/2017

Gatot Nurmantyo

Berita Terkait

Berita Pilihan


Tunggu sebentar ya. Kami sedang menyiapkannya untukmu.