Published On: Rab, Mei 22nd, 2013

Bulan Depan, Harga BBM Bersubsidi Naik

JAKARTA - Pemerintah beren-cana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada Ju-ni mendatang. Hal ini akan segera mengurangi defisit neraca keua-ngan, khususnya untuk anggaran subsidi BBM.
Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan pemerintah berencana menaikkan harga BBM subsidi un-tuk premium naik Rp 2.000 menja-di Rp 6.500 per liter dan solar naik Rp 1.000 menjadi Rp 5.500 per liter.
“Kami mengusulkan harga BBM naik per Juni 2013. Untuk tanggal kepastiannya adalah hak prerogatif Presiden,” kata Chatib di Gedung DPR Jakarta, Rabu (22/5).
Chatib berharap agar kenaikan harga BBM bersubsidi ini akan menekan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang saat ini defisit. Sebab, pemerintah kini mengubah target defisit keuangan negara dari hanya 1,65 persen menjadi 2,48 persen.
Besaran defisit tersebut lebih rendah dari prediksi pemerintah yang semula memprediksi defisit bisa mencapai 3,83 persen. Level ini merupakan defisit tertinggi bila kondisi global semakin memburuk dan berimbas ke perekonomian nasional.
Di sisi lain, saat pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi, maka pemerintah mengalokasikan Rp 12,5 triliun untuk program penanggulangan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur dasar. “Dana tersebut terdiri dari program raskin Rp 4,3 triliun, beasiswa masyarakat miskin Rp 7,5 triliun dan program keluarga harapan Rp 700 miliar. Ada juga program bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) Rp 11,6 triliun,” tambahnya.
Di tempat yang sama, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati juga sepakat dengan Chatib. Pemerintah melaporkan harga BBM akan naik Juni 2013. “Tapi ini masih menunggu persetujuan APBN Perubahan 2013 (khususnya soal kompensasi kenaikan harga BBM. Soal kepastian tanggalnya menunggu dari Presiden,” tambah Anny. (kcm)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web