Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Bulog Sosialisasikan Program RPK

Bulog Sosialisasikan Program RPK


korankaltim
korankaltim
2016-10-05 05:00:23
TANA PASER - Badan Usaha Logistik (Bulog) Kabupaten Paser, saat ini tengah mensosialisasikan program kemitraan usaha berbasis masyarakat yang diberi nama Rumah Pangan Kita (RPK).

“Sampai saat ini, kami baru mensosialisasikan RPK kepada dua kecamatan di wilayah Kabupaten Paser, yaitu Tanah Grogot dan Kuaro,” ungkap Kaur Logistik Bulog Kabupaten Paser, Rendy Hidayat, Selasa (4/10).

RPK, lanjut Dia, adalah program yang diperuntukkan khusus bagi ibu rumah tangga. Terutama, bagi yang mempunyai halaman rumah untuk menjualkan produk milik Bulog. Seperti gula dan beras. “Kami lebih mengutamakan ibu rumah tangga yang memiliki halaman untuk program ini,” ucapnya.

Dikatakan, selain bermuatan bisnis, program RPK juga bertujuan untuk menyebarkan jaringan Bulog di tengah masyarakat. guna stabilisator harga kebutuhan bahan pokok. “Jadi, selain mendapat keuntungan masyarakat juga menjadi stabilisator harga beras dan gula,” ujarnya.

Untuk program RPK, sebut Dia, pihaknya menargetkan sebanyak 25 unit RPK pada 2016. “Namun, antusias masyarakat cukup tinggi akan program ini. Tercatat, sudah ada 18 rumah tangga yang mendaftar menjadi Mitra Bulog pada program ini,” lanjutnya.

Dijelaskan, masyarakat yang telah menjadi Mitra Bulog bisa menjual lebih dari harga Bulog. Hanya saja, harganya ditetapkan oleh Bulog dan tidak boleh lebih tinggi dari harga pasar. Dengan keuntungan sekitar Rp300 per kilogram, baik beras maupun gula. “Untuk beras, Bulog menjual seharga Rp8.700 per Kg, dan Mitra Bulog bisa menjualnya kembali seharga Rp9.000 per Kg, sedangkan gula Bulog dijual seharga Rp12.500 per Kg, dan warga bisa mengambil keuntungan Rp300 per kiloram. Intinya, harus di bawah harga pasar, karena peran Bulog sebagai stabilisator,” paparnya.

Adapun persyaratan untuk menjadi Mitra Bulog, tambah Dia, harus memiliki modal sekitar Rp5 juta atau paling tidak bisa menebus beras dan gula sebanyak 50 Kg masing-masing serta memiliki halaman untuk berdagang. Pengajuan dengan melampirkan KTP dan surat keterangan RT/RW. (sur)

loading...

baca LAINNYA