Home >> Headline >> Buni Yani jadi Tersangka
Buni Yani
Buni Yani

Buni Yani jadi Tersangka

Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan penyidik Polda Metro Jaya menaikan status pengunggah video dugaan penistaan agama oleh Ahok, Buni Yani sebagai tersangka.
“Hasil dari proses penyidikan selama ini oleh subdit cyber sudah periksa saksi dan saksi ahli. Hari ini kita panggil terlapor hadir sebagai saksi. Pemeriksaan berlangsung hingga pukul 19.30 WIB, kemarin.
Namun, hasil pemeriksaan konstruksi hukum pengumpulan alat bukti dengan bukti permulaan cukup saudara BY dinaikan status jadi tersangka,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (23/11).
Buni merupakan pengunggah video pidato Ahok tentang Surat Al-Maidah ayat 51, yang kemudian menimbulkan polemik dugaan penistaan agama. Melalui akun resminya, Buni Yani mengunggah rekaman video pidato Ahok berdurasi 31 detik dari durasi asli 1 jam 48 menit.
Dengan hal tersebut, Buni Yani diancam dengan Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana enam tahun. (inc)