Breaking News
Home >> PPU - Paser >> Bupati Gagas Pembangunan 50 Rumah Gakin

Bupati Gagas Pembangunan 50 Rumah Gakin

Yusran: Gakin juga Diberi Usaha Peternakan

PENAJAM – Bupti Penajam Paser Utara (PPU) H Yusran Aspar, menggagas satu program bagi Keluarga Miskin (Gakin) PPU, yakni berupa pembangunan 50 unit rumah sederhana sehingga dapat meningkatkan taraf hidup Gakin menjadi lebih baik.
“Program ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat guna mengumpulkan warga miskin kemudian dibangunkan rumah sederhana sebanyak 50 unit, tempatnya di kawasan sekitar kandang sapi Trunen, Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku,” katanya.
Di kawasan tersebut lanjutnya, sudah tersedia kandang sapi, nanti Dinas Pertanian (Distan) PPU diminta untuk mengisi kandang itu dengan sapi–sapi hasil gaduh masyarakat PPU lainnya dengan pola bagi hasil.
Selain itu, tambahnya, kotoran sapi itu diolah menjadi biogas sehingga dapat dijadikan bahan bakar genset, dengan demikian listrik gratis, demikian juga air akan gratis dengan sistem RO, disamping itu beras juga gratis dari Raskin, kesehatan gratis dan pendidikan juga gratis.
Menurutnya, di sekitar kawasan itu kebetulan ada yang mau berinvestasi untuk penanaman tebu dan pabrik biothanol, kemudian warga setempat dipekerjakan di situ mereka akan mendapat gaji dan upah selain menggaduh sapi.
Kemudian, lanjut Yusran, ampas tebu bisa dijadikan pakan ternak, lalu Bupati selanjutnya tinggal memikirkan industri hilirnya, misalnya ada rumah potong hewan, pabrik daging beku dan lain sebagainya. “Jadi dari hulu sampai hilir selesai, kalau kita mau keluar dari kesulitan pasti ada jalannya, Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika bukan kaum itu sendiri yang mengubah nasibnya,” pungkas Yusran. (nav)