Bupati Minta Tim Sukses Adipura Cepat Dibentuk

0
2

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Muharram meminta tim sukses adipura segera dibentuk. Pasalnya, pembenahan yang bakal dilakukan dalam target pencapaian adipura membutuhkan waktu cukup lama, sementara penilaian bakal dilakukan sekitar bulan Maret hingga April tahun depan.
Dengan waktu yang tidak lama itu, Muharram mendesak SKPD terkait segera membentuk tim sukses adipura ini. Dengan persiapan panjang diharapkan dapat mebenahi satu per satu masalah yang menjadi evaluasi pada saat penilaian adipura tahun 2016 ini. “Kita ingin secepatnya lah dibentuk,” tegasnya.
Muharram mengatakan sebelumnya ia telah mengintruksikan kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) sebagai leading sektor membentuk tim sukses adipura ini.
“Memang harus segera kita bentuk, masih banyak pekerjaan rumah yang perlu kita benahi,” jelasnya.
Pembentukan tim ini menjadi salah satu langkah pemerintah meraih adipura. Mengingat, tiga tahun belakangan, penilaian adipura selalu mengalami penurunan. Pada tahun 2012 nilai adipura mencapai 66,15, kemudian naik di tahun 2013 menjadi 70,51. Namun di tahun 2014 mengalami penurunan menjadi 70,05. Penurunan kembali berlanjut di tahun 2015 dengan meraih nilai 66,07 dan pada tahun 2016 kembali turun 64,35.
Sementara itu, Sekretaris DKP Berau, Yudha menegaskan, seharusnya tim adipura sudah berjalan sejak Bulan September. Dengan begitu penilaian adipura yang diperkirakan dilakukan pada Maret tahun 2017 nanti bisa terkejar.
Menurut dia banyak pekerjaan rumah yang saat ini menanti untuk segera diperbaiki. Seperti kondisi di TPA Bujangga yang nilainya selalu menurun dan saat ini berada pada zona merah, begitu juga dengan pemukiman, pertokoan dan pengolahan sampah kota.
Disingung mengenai persoalan yang dihadapi sehingga terjadi kelambatan ini, Yudha mengatakan karena masih menunggu dari Badan Lingkungan Hidup (BLH). Sejauh ini, belum ada tindaklanjut dari BLH setelah pertemuan awal.
“Ini kan merupakan instruksi langsung dari bupati, jadi harus segera ditindaklanjuti. Kita sudah beberapa kali meminta pertemuan tapi belum ada waktu yang tepat. Dalam waktu dekat ini kita akan menghadap bupati sehingga tidak molor lagi,” pungkasnya. (sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here