Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Bupati Muharram Tantang Nyali Tes Urine
TES urine dadakan yang saat ini rutin dilakukan sebulan penuh.
TES urine dadakan yang saat ini rutin dilakukan sebulan penuh.

Bupati Muharram Tantang Nyali Tes Urine

TANJUNG REDEB – Maraknya peredaran narkoba yang terjadi saat ini menjadi kekhawatiran yang harus diseriusi. Seperti di Kabupaten Berau, yang saat ini rutin melakukan tes urine. Bupati Berau Muharram pun tantang berbagai elemen masyarakat berani jalani tes urine.
“Memang sengaja kita lakukan dan sifatnya dadakan tanpa pemberitahuan sama sekali, karena kita tidak akan mentolerir segala jenis penyalahgunaan narkoba,” ujar Ketua BNK Berau, Agus Tantomo.
Pelaksanaan tes urine ini akan dilakukan sebulan penuh dengan jadwal yang tidak ditetapkan. Dengan kegiatan yang pertama dilakukan di lingkungan Pemkab. Sementara untuk tindakan yang akan dilakukan, jika hasil pemeriksaannya positif, Agus menegaskan akan dilakukan investigasi lebih mendalam.
“Kalau itu kan ada barang bukti yang didapat, tapi kalau pemeriksaan ini belum tentu. Bisa saja saya positif karena habis operasi, kan menggunakan banyak obat-obatan. Tapi kalau positif tetap akan diproses karena pasti ada indikasi ke sana (menggunakan narkoba) juga,” tegasnya.
Sementara Bupati Muharram yang belakangan mengikuti tes urine ini menegaskan, tidak ada ampun bagi yang kedapatan menyalahgunakan narkoba ini. Menurutnya, tes urine yang dilakukan ini merupakan langkah positif sebagai upaya antisipasi keterlibatan penyalahgunaan narkoba. “Dengan tes urine ini menjadi langkah awal dalam memberikan sinyal kepada seluruh aparatur sipil negara agar tidak bermain main dengan narkoba,” tegasnya.
“Kalau bisa semuanya melaksanakan (tes urine), Pemkab Berau, DPRD, organisasi masyarakat, TNI dan Polri,” pungkasnya. (sam)