Breaking News
Home >> Gaya hidup >> Cara Atasi Penuaan Pada Tangan
TANGAN perempuan yang berkeriput.
TANGAN perempuan yang berkeriput.

Cara Atasi Penuaan Pada Tangan

TIDAK peduli semuda apa wajah seseorang terlihat, tangan kerap menunjukkan usia yang sesungguhnya. Anggapan umum menyebutkan, tak banyak yang bisa dilakukan untuk penanganan tangan keriput itu.
Namun, menurut Tatiana Lapa, Pimpinan Klinik dan Direktur The Studio Clinic di Inggris, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan guna mengurangi keriput di tangan serta mengatasinya. Dokter tersebut juga memaparkan apa saja penyebab tangan tampak berumur.
“Ada beberapa faktor. Nomor satu adalah karena tangan terkena dan menyentuh segala sesuatu, sabun cair saat cuci piring hingga terpaan cuaca dingin tanpa perlindungan,” katanya.
Sayangnya, Lapa mengatakan, tangan yang lebih rentan kerusakan kulit tidak memiliki banyak krim perawatan aeperti halnya wajah. Padahal, dunia medis memiliki beragam krim wajah seperti retinol, krim malam, serum, dan lain-lain.
Ia menjelaskan, seseorang perlu memahami proses penuaan yang terjadi pada kulit, tulang, dan otot. Soalnya, ada dua jenis penuaan kulit berbeda, yaitu karena usia dan karena penuaan otot.
Penuaan kulit karena usia ditandai dengan penipisan kulit serta timbulnya garis dalam dan keriput pada tangan. Sementara penuaan otot menyebabkan jarak antara kulit dan tulang menjadi lebih tipis dan rapuh. Untuk pencegahan, krim matahari dan pengaturan pola makan yang baik bisa berguna, termasuk pemindaian tulang sebagai antisipasi.
“Namun, apabila terlalu terlambat untuk itu, Anda dapat membangun kembali kolagen dengan terapi laser atau suntikan, termasuk menjalani beberapa perawatan seperti terapi regenerasi kulit PRP dan pengisi dermal,” tutur Lapa. (rol)