Control Land Fill Atasi Bau Sampah

0
1

TANJUNG REDEB – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Berau, merencanakan program ‘control land fill’ di tahun 2017, untuk menangani bau sampah sementara di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yang berlokasi di Jalan Raja Alam, Tanjung Redeb.
Control Land Fill, merupakan sebuah metode pembuang sampah pada lubang dengan diameter terntu, setelah sampah menumpuk dan akan penuh, maka lubang yang telah terisi sampah akan ditutup menggunakan tanah setebal 20 cm.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Berau Ismail, mengatakan program ini dia sudah rencanakan pada anggaran perubahan. “Kita sudah programkan, dan mudah-mudahan ini bisa segera terwujud mengingat kondisi daerah saat ini mengalami defisit anggaran,” kata Ismail, Selasa (4/10).
Ternyata, Control Land Fill juga memiliki manfaat lain, yakni menghasilkan gas yang bisa dimanfaatkan untuk rumah tangga, atau menyalakan kompor, serta menghilangkan bau semerbak dari sampah.
“Manfaatnya tentu saja akan berdampak buat masyarakat, ya salah satunya menghilangkan bau, serta dapat menghasilkan gas yang berguna untuk menyalakan kompor,” ujarnya.
Untuk di Berau sendiri, ditarget bisa terealisasi dengan baik, mengingat luasan lahan TPA kurang lebih 15 hektare. Setidaknya, gas metana yang dihasilkan dari sampah ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebanyak 300 Kepala Keluarga. “Jadi penggunanya tersebut mulai dari jam 3 pagi sampai jam 9 malam,” tambahnya.
Namun di sisi lain, menurut Ismail, cara tersebut memang hanya sementara, mengingat banyaknya volume sampah yang setiap harinya dibuang ke TPA. (mh216)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here