Breaking News
Home >> Hukum & Kriminal >> Copet Pelabuhan Samarinda Diringkus Polisi

Copet Pelabuhan Samarinda Diringkus Polisi

SAMARINDA – Baru saja tiba di Samarinda menumpang kapal yang berlayar dari Pelabuhan Pare-pare, Sulsel, Kamis (17/11), Hamsyah (29), warga Batuah, Kukar, menjadi korban copet di Pelabuhan Samarinda.
Tanpa disadari korban, Handphone (Hp) android miliknya berpindah ke tangan seorang pelaku jambret berinisial Af (36). Beruntung, berkat kejelian polisi, pelaku tindak kriminal yang tinggal di Jalan Siti Aisyah, Kelurahan Teluk Lerong, Kecamatan Samarinda Ulu tersebut, berhasil ditangkap.
“Memang setiap kedatangan kapal penumpang, selalu ada petugas yang kami tempatkan di pelabuhan untuk melakukan pengamanan, baik polisi yang menggunakan pakaian dinas, maupun yang pakaian sipil,” kata Kapolsekta Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda, Kompol Ervin Suryatna, Jumat (18/11). Dijelaskan Ervin, tertangkapnya Af berawal dari kecurigaan petugas dengan gerak-gerik pelaku yang mencurigakan. Polisi kemudian memilih mengikuti Af sambil menunggu waktu yang tepat untuk dilakukan penangkapan. Ketika menuju pintu keluar untuk meninggalkan pelabuhan, Af langsung dicegat polisi.
“Pelaku memang sudah diikuti, ketika turun dari kapal, tepatnya di depan pintu 2, pelaku langsung diamankan dan digeledah,” papar Ervin.
Polisi menemukan sebuah Hp yang disimpan di kantong celana sebelah kanan pelaku, diduga hasil kejahatan. Ketika diinterogasi, Af tak bisa membuktikan jika Hp tersebut adalah miliknya. “Menurut keterangan pelaku, Hp tersebut diambil di atas kapal dari seorang lelaki,” tutur Ervin.
Dengan penemuan barang bukti tersebut, Af dibawa ke Polsekta KP Samarinda, yang letaknya tak jauh dari pelabuhan.
Dijelaskan Ervin, berdasarkan pengakuannya, Af sudah dua kali melakukan tindakan copet. “Pelaku ini juga merupakan residivis kasus pencurian,” tandasnya. (dor)