Published On: Sab, Sep 14th, 2013

Cuaca Buruk, 2 Kapal Tabrakan

TARAKAN - Cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang sepanjang Jumat (13/09) kemarin membuat pelayaran dan pandangan laut di perairan laut Tarakan semakin pendek. Pasalnya, pada pukul 14.00 Wita kemarin, sebuah speed boat Limex tak berpenumpang bertabrakan dengan KM Salamaka III yang sedang membawa sembako dari Malinau menuju Pelabuhan Jembatan Besi.
Juragan kapal, Ismail ketika ditemui di RSUD Tarakan saat mendampingi satu Anak Buah Kapal (ABK) yang terluka mengatakan saat tabrakan terjadi akibat kondisi cuaca buruk dipicu kabut akibat hujan deras.
“Seharusnya, kapal berangkat pukul 15.00 Wita. Saat menunggu antrean kapal yang sebelumnya sandar di pelabuhan Belakang Ramayana untuk merapat ke Pelabuhan Tengkayu I, tiba-tiba terjadi benturan diiringi suaa keras,” ujarnya.
Juragan kapal yang saat itu berada disebelah motoris kapal saat terjadi tabrakan, posisi kapal di depan Pelabuhan Tengkayu.
“Memang, cuaca berembun, angin kencang dan hujan deras. Jadi, pengaruh jarak pandang sangat pendek dan kesulitan melihat kapal didepan, karena kaca kapal berembun, padahal kapal jalan dalam keadaan pelan,” pungkasnya.
Akibat benturan, dua orang ABK kapal sempat dilarikan ke rumah sakit, tapi karena hanya luka ringan langsung diperbolehkan pulang sore hari usai perawatan di RSUD.
Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Tarakan AKBP Desman S Tarigan melalui Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP), AKP Ridwan Iskandar mengatakan masalah tabrakan kapal sudah diselesaikan secara kekeluargaan.
“Selain tak ada korban meninggal dunia, melainkan hanya luka ringan, masalah itu sudah diupayakan sejak awal untuk didamaikan. Kebetulan, antara juragan kedua kapal masih kerabat, kedua pihak selesaikan masalah dengan kekeluargaan,” katanya.
Menurut keterangan juragan speed boat Limex kepada polisi, kapal rusak pada bagian bodi depan bagian atas samping kanan yang berbenturan dengan KM Salamaka. (saf)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web