Breaking News
Home >> Berau - Kubar >> Deal, Jembatan ATJ Jalan Terus
APABILA jembatan ini kelak tersambung, bakal berdampak luar biasa kepada masyarakat di sekitar, diantaranya untuk memperlancar lalu lintas kegiatan ekonomi.
APABILA jembatan ini kelak tersambung, bakal berdampak luar biasa kepada masyarakat di sekitar, diantaranya untuk memperlancar lalu lintas kegiatan ekonomi.

Deal, Jembatan ATJ Jalan Terus

Wabup Arkan Beber Hasil Pertemuan Dengan Waskita Karya

SENDAWAR – Pemkab Kutai Barat memastikan proyek jembatan Sungai Mahaka Aji Tulur Jejangkat (ATJ) berlokasi di kelurahan Melak Ilir, kecamatan Melak, akan dilanjutkan hingga selesai, dan bisa dipergunakan untuk masyarakat.
Sejauh ini, Pemkab juga memastikan tidak ada lagi masalah bersama dengan PT Waskita Karya, kontraktor BUMN Karya yang mengerjakan proyek jembatan itu. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi PT Waskita Karya, yang mengerjakan jembatan dengan jenis rancanag Cabble Stayed, menunggu jaminan hukum berupa Perda atau Perbub, sebagai pernyataan kesanggupan bayar Pemkab, hingga rampung tahun 2017 mendatang.
“Iya clear (sudah selesai). Sudah ada pertemuan antara PT Waskita Karya dengan Pak Bupati FX Yapan. Bahkan ada kesepakatan dan pembangunan jembatan ATJ dilanjutkan,” terang Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan, kepada Koran Kaltim di gedung DPRD di Sendawar, Selasa (4/10).
Dikatakan Arkan, Pemkab Kubar bertanggungjawab dengan pembayaran kepada PT Waskita Karya, hingga jembatan kebanggaan masyarakat Kubar itu akan selesai pada tahun depan. “Meski kondisi keuangan kita saat ini defisit, pembayaran akan dipertanggungjawabkan pemerintah. Pihak Waskita Karya telah menyatakan siap mentoleransi pembayaran diangsur kemudian. Saya bersama pak bupati yakin, masyarakat tidak akan dirugikan,” paparnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Kimpraswil Kubar Asrani B juga mengatakan, terkait kelanjutan pembangunan jembatan ATJ hingga selesai, pihak DPU dan Kimpraswil mengikuti apa yang menjadi keputusan Pemkab. “Memang tahun ini terjadi pengurangan anggaran, tetapi itu dari pusat dan se-Indonesia. DPU dan Kimpraswil berharap PT Waskita tetap bekerja menyelesaikan pembangunan jembatan ATJ, sesuai kesepakatan dengan Pemkab Kubar,” jelasnya.
Hingga berita ini diturunkan, pihak PT Waskita Karya belum berhasil dikonfirmasi. Manager Lapangan PT Waskita Karya Eko Suryono, hubungi berulang selulernya sore kemarin, belum memberikan jawaban.
Namun sebelumnya, kepada Koran Kaltim, Eko Suyono mengatakan PT Waskita Karya menyatakan kesiapannya membereskan jembatan ATJ hingga penyelesaian akhir, Oktober 2017 mendatang. Namun bukan tanpa syarat, melainkan mesti diperkuat dengan Perda atau perbup, menyatakan jaminan kesiapan pembayaran dari Pemkab Kubar kepada BUMN itu.
“Sebenarnya PT Waskita siap menyelesaikan. Paling lambat Oktober 2017 sudah finishing. Tapi jaminan Perda atau Perbup harus ada, kesanggupan pembayaran dari Pemkab Kubar,” urainya.
Untuk diketahui, proyek pembangunan jembatan ATJ di Kubar, merupakan proyek raksasa dibangun oleh PT Waskita Karya sejak era Bupati Ismael Thomas dan Wabup Didik Effendi. Sesuai kontrak proyek multiyears, seharusnya sudah selesai pada 2015 lalu. (imr)