Defisit, Pelatihan Guru Tetap Lancar


korankaltim
korankaltim
2016-10-07 05:00:54
TENGGARONG – Meskipun Pemkab Kutai Kartanegara mengalami defisit anggaran yang menyebabkan tertundanya sejumlah kegiatan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar tetap melakukan peningkatan mutu guru dengan menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Kegiatan itu dilangsungkan di SMAN 2 Tenggarong, Kamis (6/10).

Ada sebanyak 161 orang guru yang mengikuti kegiatan tersebut, baik itu di sekolah negeri maupun swasta. Ke-161 peserta ini terdiri dari 31 guru mata pelajaran sejarah, 20 orang guru sosiologi, 23 guru geologi, dan sisanya 84 guru mata pelajaran ekonomi.

Kepala Disdik Kukar Wiyono melalui Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Tulus Sutopo mengatakan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan mutu guru yang merupakan mesin utama peningkatan kualitas pendidikan di Kukar.

“Meskipun defisit, APBD lagi seret, peningkatan mutu terhadap guru mata pelajaran harus tetap lanjut. Sebab guru adalah mesin utama peningkatan kualitas pendidikan,” kata Tulus.

Kegiatan itu diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan karir guru melalui Program Guru Pembelajaran. “Kegiatan ini ada 11 kali pertemuan,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, Tulus berharap kompetensi guru mata pelajaran di Kukar bisa meningkat dan sekaligus mendongkrak nilai Ujian Kompetensi Guru (UKG), sehingga meningkatkan motivasi para guru.

“Materinya memuat tentang UKG. Melalui pelatihan ini, nilai UKG meningkat, kompetensi guru pun meningkat. Jadi guru yang sudah mengikuti MGMP ini tidak kaget lagi ketika harus mengikuti UKG sebenarnya,” pungkas Tulus. (ale)

baca LAINNYA