Home >> Kutai Kartanegara >> Depo Arsip Kukar Sering Kebanjiran

Depo Arsip Kukar Sering Kebanjiran

Ribuan Arsip Terancam Rusak

TENGGARONG – Ribuan arsip daerah milik Pemkab Kutai Kartanegara terancam rusak. Pasalnya depo arsip milik Badan Kearsipan dan Perpustakaan (BKP) Kukar yang terletak di Jl Panji, Kelurahan Melayu Teng-garong kerap kebanjiran.
“Kalau air pasang, depo arsip ikut terendam setinggi 40 cm. Kami khawatir arsip yang tersimpan akan hancur jika tidak diselamatkan dengan segera, makanya kami rutin mengecek ketika air Mahakam naik,” kata Kepala BKP Kukar Heldiansyah kepada Koran Kaltim, pekan lalu.
Menurut Heldi, BKP sudah sejak lama mengusulkan agar dibuatkan depo baru atau dipindahkan ke tempat yang representatif. Idealnya, depo arsip satu bangunan dengan per-pustakaan, sesuai dengan penyebutan BKP.
Heldi mengaku jika pihaknya menginginkan eks kantor PU di Jl Akhmad Yani diserahkan ke BKP. Gedung itu sendiri oleh Bupati Rita telah dicanangkan menjadi perpustakaan modern.
“Eks kantor PU yang terbakar sudah selesai renovasinya, sudah selayaknya diserahkan ke BKP agar bisa dijadikan perpustakaan modern dan tempat penyimpanan arsip. Sayangnya jaringan listrik dan airnya belum terpasang kembali,” ujarnya.
Heldi mengaku jika perpustakaan dan depo arsip Kukar tertinggal dari Kutai Timur. “Sudah modern, cuma letaknya saja berjauhan dari pemukiman,” terang Heldi. (ran415)