Home >> Headline >> Didatangi 14 Ormas Islam, MUI Minta Gubernur Beri Izin RSIS

Didatangi 14 Ormas Islam, MUI Minta Gubernur Beri Izin RSIS

EMPAT belas ormas Islam tergabung dalam aksi damai dan Yarsi Samarinda mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim, Senin (21/11). Aksi tersebut diterima sambut Ketua MUI Kaltim, KH Hamri Has.
“Ada dua hal jadi poin penting dalam pertemuan itu, meminta Gubernur Kaltim perpanjang izin operasional yang berakhir sejak 15 November lalu. Kemudian menunda rencana Pemprov Kaltim ambilalih RSIS dalam satu layanan RSUD AWS. Padahal, sudah dikelola sejak 30 tahun lalu,” kata kepada Koran Kaltim.
Hamri juga menyebut, aset pemerintah terdahulu bekas RSU diakui hanya tersisa lahan saja. Sedangkan kondisi gedung dan peralatan medis RSIS saat ini hasil usaha Yarsi.
“Kami tak permasalahkan gubernur ambil aset yang ada. Tapi, jangan mendadak seperti ini. Kami harus diberi toleransi untuk persiapan. Sehingga karyawan tidak amburadul, dan RSIS bersiap untuk pindah,” terangnya.
Bahkan, MUI Kaltim ikut andil dalam sejarah berdirinya RSISamarinda. Sehingga, Hamri meminta Pemprov memberi toleransi waktu ke RSI untuk berbenah, karena aset yang dimiliki Yarsi akan dihitung sesuai nilai yang ada untuk dijadikan modal pembangunan RSIS yang baru. “Karena sudah punya lahan hibah untuk RSIS,” tambah Hamri. (man)