Dipublish: 19 Juli 2013, 21:46

Dijanjikan Tanah Dibeli, Malah Uang Rp100 Juta Melayang

TENGGARONG - Malang nasib Murjaniansyah (49), warga Jalan Patin RT 14, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong ini ditipu mentah-mentah seseorang yang baru dikenalnya dengan nama Lubis. Sehingga uang Rp100 juta melayang begitu saja.
Lubis yang mengaku seorang karyawan PT Petrosea dan juga seorang advokat ini, berhasil memperdayai Murjani dengan janji membeli sebidang tanah beserta rumahnya di Jalan Aji Imbut Tenggarong Seberang, dengan nilai Rp2 miliar. Namun dengan catatan menyediakan uang Rp100 juta untuk memperlancar proses jual beli.
“Benar, telah terjadi tindak pidana penipuan yang dilakukan seseorang mengaku bernama Lubis yang mengaku seorang karyawan PT Petrosea dan juga mengaku sebagai seorang advokat. Penyidik saat ini sedang mengembangkan kasus ini,” kata kapolres Kukar AKBP Abdul Karim melalui PS Paur Subbag Humas Aiptu Supanca.
Kejadian ini berawal ketika Lubis dengan Murjani sepakat dengan harga rumah sebesar Rp2 miliyar dengan catatan Lubis mendapatkan fee Rp500 juta juga dari penjualan. Rumah beserta tanah tersebut akan dijual kepada bos Lubis yang tidak disebutkan namanya. Oleh karena-nya, Lubis meminta Murjani menye-diakan uang sebesar Rp100 juta untuk memperlancar proses jual beli tersebut dari bos dan perusahaannya.
Singkat kata, pada Rabu (10/7) lalu sekitar pukul 11.00 wita Lubis menjumput Murjani di rumahnya dengan membawa uang Rp100 juta tadi, langsung meluncur ke Samarinda melalui jalur Loa Kulu. Sesampainya di Desa Harapan Baru Samarinda Seberang, Lubis menyuruh Murjani untuk turun membeli materai.
“Begitu korban turun, pelaku langsung melarikan diri dengan mobilnya. Korban lupa Nopol kendaraannya dan uang korban yang ada di dalam mobil dibawa lari dengan mobilnya,” tutur Panca.
Kemudian Murjani menelpon kawannya yang berada di Tenggarong untuk menjemputnya. “Kemudian korban mendatangi Mapolsek Tenggarong untuk melaporkan kejadian tersebut,” pungkasnya. (ale)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger