Breaking News
Home >> Balikpapan >> Bisa Dikelola UPT Parkir atau Perusda

Bisa Dikelola UPT Parkir atau Perusda

BALIKPAPAN- Dinas Perhubungan memiliki dua konsep dalam pengelolaan gedung parkir Klandasan yang kini menunggu untuk diresmikan Walikota.
Kadishub Kota Sudirman Djayaleksana menjelaskan pengelolaan gedung parkir dapat dilakukan swakelola melalui UPT perparkiran atau melalui pihak ketiga dengan melibatkan Perusda atau pihak swasta.
Konsep ini masih digodok dan dimatangkan sambil menunggu petunjuk dari pimpinan. “Kita di sini ada UPT parkir jadi pengelolaan teknis parkir atau dari UPT ini bisa bekerjasama dengan pihak ketiga. Nah, pihak ketiga ini bisa Perusda atau pihak mana,” tuturnya, Minggu (20/11).
Dia menyebutkan Badan Pengelolaan Aset Keuangan Daerah (BPKAD) sudah membuat kajian mengenai potensi besaran pendapatan yang diperoleh dari parkir gedung Klandasan jika sudah beroperasi.
“Yang punya BPKAD yang punya kajian. Hitung-hitungan dengan 400 unit kendaraaan. Saya belum tahu perkembangan seperti apa,” tandasnya.
Saat ini gedung itu masih di bawah BPKAD dan belum ada serah terima kepada Dinas Perhubungan Kota Balikpapan.
Seperti diketahui, pemkot sudah menetapkan nama gedung parkir Klandasan sebagai nama resmi gedung mengingat histori dan usulan yang disampaikan masyarakat. Dalam waktu dekat, pemerintah kota akan meresmikan gedung yang akan digunakan untuk menciptakan kawasan tertib lalulintas di Jalan Sudirman tepatnya kawasan Klandasan. (din)