Home >> Samarinda >> Dinkesos Samarinda Pulangkan 118 PSK

Dinkesos Samarinda Pulangkan 118 PSK

SAMARINDA – Dinas Kesejahtaraan dan Sosial (Dinkesos) Samarinda menjadwalkan pada 5 Desember sebanyak 118 Pekerja Seks Komersial (PSK) di Samarinda akan dipulangkan serentak ke daerah asal.
“Ya, itu serentak se-Kaltim, kami pulangkan dari dua lokasi, yaitu Loa Hui dan Bayur. Selebihnya masih ada 74 warga lokalisasi lagi yang tidak dipulangkan karena KTP mereka berasal dari Samarinda,” ujar Kepala Dinkesos Samarinda, Marnabas usai menjalani tes kompetensi di Balaikota, Selasa (29/11).
Pemulangan PSK dari Samarinda ini kata dia menyusul telah dicairkannya dana dari Kementerian Sosial, setiap orang menerima Rp5.050.000. Adapun rinciannya digunakan untuk usaha sebesar Rp3,6 juta, biaya hidup selama tiga bulan Rp 1,2 juta serta biaya transportasi Rp200 ribu.
“Pemulangannya akan dikawal sampai ke bandara agar sampai ke tempat tujuan yang akan diserah terimakan oleh Pemerintah Provinsi,” jelasnya.
Terpisah, Wakil Walikota Nusyirwan Ismail berharap seluruh warga lokalisasi yang tinggal di Samarinda bisa beralih profesi saat berada di kampung asalnya. “Ya meskipun sebelumnya memang tidak bisa juga disebut profesi namun ke depannya mereka harus bisa berlaih dengan pekerjaan yang lebih baik. Sehingga nantinya kami juga akan bekerja sama dengan BLKI untuk memberika keterampilan kepada mereka,” terang Nusyirwan.
Dana dari Kemensos itu tak hanya diberikan kepada mereka yang pulang kampung. PSK yang tinggal di Samarinda karena sudah mengantongi KTP Samarinda tetap akan menerima uang pembinaan.
“Ya kami menjamin mereka akan sampai di daerah asalnya, kalau dari Pemkot Samarinda nanti akan kami siapkan armada untuk mengantar sampai ke Bandara di Balikpapa, selanjutnya akan dikawal oleh petugas keamanan dari Pemprov Kaltim,” pungkasnya. (ms315)