Breaking News
Home >> Headline >> Diperiksa 8 Jam, Ahok Dicecar 27 Pertanyaan
BUNGKAM: Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (22/11) diperiksa di Bareskrim Mabes Polri. Usai diperiksa, Ahok bungkam setelah dicecar 27 pertanyaa.
BUNGKAM: Tersangka kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Selasa (22/11) diperiksa di Bareskrim Mabes Polri. Usai diperiksa, Ahok bungkam setelah dicecar 27 pertanyaa.

Diperiksa 8 Jam, Ahok Dicecar 27 Pertanyaan

Bareskrim Sita 15 Alat Bukti

Jakarta – Sirra Prayuna, selaku Ketua Tim Kuasa Hukum Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan kliennya diperiksa penyidik Bareskrim Polri dengan 27 pertanyaan terkait kasus penistaan agama.
Meski hanya 27 pertanyaan, Ahok diperiksa cukup lama yakni memakan waktu 8 jam, sejak pukul 09.00 pagi dan baru keluar pada pukul 17.50 WIB sore.
“Ada 27 pertanyaan dan bisa lama pemeriksaanya karena kan break-nya 2 kali, lama 27 pertanyaan,” kata Sirra usai pemeriksaan Ahok di Mabes Polri, Selasa (22/11/2016).
Sirra menambahkan, pemeriksaan Ahok hari ini hanya menyempurnakan keterangan-keterangan yang sebelumnya sudah disampaikan pada penyelidikkan .
“Saya kira mengulang untuk melihat alur peristiwa 27 September, saya kira itu sesungguhnya menyempurnakan keterangan-keterangan yang sebelumnya sudah disampaikan pada penyelidikan karena penyidikan ini sebenarnya mekanismenya seperti itu. Untuk membuat suatu sistem tanya jawab,” ujarnya.
“Kalau sekiranya pertanyaannya sudah ditanyakan pada penyelidikan, tinggal dimuat apakah keterangan ini benar, apakah saudara akan menambahkan atau menyempurnakan keterangan ini. Kalau ada yang kurang itu bisa langsung disempurnakan,” sambungnya.
Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri menyita 15 alat bukti dalam kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama. 15 alat bukti ini yang menjadi salah satu materi dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh penyidik.
Kepala Badan Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan penyidik mengajukan sebanyak 27 pertanyaan dalam pemeriksaan yang dilakukan sejak pukul 09.00 WIB pagi. Pemeriksaan yang baru saja rampung pada pukul 17.30 WIB karena penyidik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyodorkan pertanyaan dan juga alat bukti kepada Ahok.
“Alat buktinya ada sekitar 15 lebih yang disita penyidik, kemudian penyidik mencocokkan dengan melakukan pertanyaan-pertanyaan. Ini yang bikin lama,” ujar Martinus di depan Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (22/11).
Menurutnya, awal mula pertanyaan yang disiapkan oleh penyidik hanyalah 20 pertanyaan sejak ditetapkannya Ahok sebagai tersangka. Namun kemudian pertanyaan tersebut berkembang menjadi 27 pertanyaan. “Ini suatu hal yang biasa di dalam satu proses pemeriksaan,” ujar dia.
Untuk pemeriksaan saksi, lanjutnya saat ini sudah ada 26 orang. Mereka terdiri dari saksi ahli dan juga saksi pelapor. Penyidik Mabes Polri menetapkan Ahok menjadi tersangka pada Rabu (15/22) lalu. Ahok menjadi tersangka atas ucapannya terkait Almaidah 51 saat berada di Kepulauan Seribu pada (27/9) lalu. (inc/rep)

  • YEAPH, SALAM 2 JARI UNTUK AHOK,..
    SEMOGA AHOK MENANG DAN MASUK KE PENJARA 🙂
    SI “PENISTA AGAMA” HARUS MASUK KE PENJARA,.
    JIKA TIDAK, N’TAH APA YANG TERJADI REAKSI “RAKYAT” 🙂