Home >> Samarinda >> Disbun Giatkan Pelatihan

Disbun Giatkan Pelatihan

SAMARINDA – Dinas Perkebunan Kaltim saat ini intensif menggelar sekolah lapang pengendalian hama tanaman menggunakan bahan organik untuk meningkatkan produksi pertanian dengan biaya murah dan ramah lingkungan.
“Pelatihan, pembinaan, dan penyuluhan yang dikemas dalam bentuk kegiatan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu atau SL-PHT ini sangat bermanfaat bagi petani pekebun, termasuk bagi petani karet,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad.
SL-PHT, lanjutnya, sering digelar pihaknya untuk petani pekebun, termasuk di Kabupaten Paser yang mulai dilaksanakan pada Agustus lalu dengan 16 kali pertemuan, sehingga beberapa hari baru dilakukan penutupan.
Program peningkatan produksi komoditas perkebunan melalui SL-PHT, katanya, menjadi kegiatan rutin tahunan Dinas Perkebunan Kaltim. Hal itu juga terkait dengan komitmen dalam mewujudkan program Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak agar subsektor perkebunan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Menurutnya, gangguan dari organisme pengganggu tanaman dapat menyebabkan penurunan produksi karet, bahkan mengakibatkan kematian tanaman, sehingga melalui SL-PHT ini, kemampuan peserta diasah dalam melakukan identifikasi di kebunnya sendiri, termasuk upaya pengendalian hama dan penyakit yang berwawasan lingkungan.
Petani bisa menjadi dokter di kebunnya sendiri dari serangan hama yang lebih menitikberatkan pada perawatan kebun dengan perhatian besar terhadap lingkungan, seperti dengan cara pengendalian hama dan penyakit tanpa menggunakan pestisida kimia. (ant)