Published On: Sen, Jan 13th, 2014

Disdik Bentuk Juknis Jam Wajib Belajar

BALIKPAPAN- Pemkot saat ini sedang menggencarkan sosialisasi Peraturan Walikota (Perwali) tentang jam wajib belajar. Selain itu, pembuatan petunjuk teknis (Juknis) sebagai acuan dari Perwali juga dibuat yang nantinya akan dibagikan kepada tim khusus sesuai tingkatannya.
Di antaranya adalah untuk tingkat kota akan dipimpin oleh Asisten II Pemkot Balikpapan, tingkat kecamatan dipimpin oleh camat masing-masing daerah dan tingkat kelurahan dipimpin oleh masing-masing lurah.
Kepala Dinas Pendidikan ( Kadisdik) Kota Balikpapan Heri Misnoto mengatakan, bahwa Perwali Jam Wajib Belajar pengaturannya masih global, maka dari itu diperlukan juknis pelaksanaannya sebagai acuannya. “Untuk pelaksanaannya disesuaikan setelah ditetapkannya Perwali Jam Belajar tersebut, namun demikian efektif pelaksaannya dalam waktu satu bulan,” paparnya.
Dia mengatakan, dalam segi pengawasan kepada peserta didik nantinya yang berperan aktif adalah dari pihak sekolah dan para orang tua murid. Namun demikian untuk hal tek-nisnya akan disesuaikan per wilayah sekolah. “Sekolah kan sudah ada wilayah masing-masing, seumpamanya ada SMA atau SMK di kecamatan Balikpapan Utara artinya masuk di wilayah utara, yang lain menyesuaikan tentunya,” ujarnya.
Untuk pemberlakukan sanksi nantinya, lanjut Heri, akan ada tim tersendiri yang akan dipimpin oleh Asisten II Pemkot Balikpapan di tingkat kota. “Sanksinya kan teguran tertulis, artinya hanya imbauan kepada masyarakat. Peran orang tua sekali lagi sangat penting dalam pelaksaan Perwali ini,” katanya.
Dikatakan Heri Perwali ini hanya membangun budaya tertib yang sifatnya meningkatkan kepedulian orang tua murid, sehingga para orang tua murid dapat lebih ekstra mengawasi para anak-anaknya, baik di dalam maupun di luar sekolah. “Tetap orang tua yang akan berperan aktif, apa gunanya perwali ketika orang tuanya tidak peduli dengan anaknya sendiri,” katanya. (yud513)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

Email
Print
WP Socializer Aakash Web