Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Disdukcapil Buka Program Pencarian Data di RS AMP
ektp

Disdukcapil Buka Program Pencarian Data di RS AMP

TENGGARONG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara akan meluncurkan layanan pencarian data di RSUD Aji Muhammad Parikesit (AMP). Masyarakat yang hendak berobat cukup menunjukkan e-KTP. Semua data akan terlihat, termasuk data di kartu keluarga.
“Dalam waktu dekat kita akan melakukan MoU dengan RSUD AMP, langsung dilakukan oleh Bupati Ibu Rita Widyasari,” kata Kadisdukcapil Kukar Getzmani Getz melalui Kasi Siak Hari Wisuda kepada Koran Kaltim.
Menurutnya, Disdukcapil nantinya akan menaruh satu server data kependudukan untuk digunakan oleh pegawai RS AMP. Dalam server itu, semua data kependudukan akan terlihat begitu petugas mengakses nomor induk kependudukan. Mulai dari data pribadi, keluarga, dan alamat lengkap. Sistem ini membuat masyarakat tidak akan berani memberikan data sembarangan ketika berobat.
“Cara cek e-KTP online merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah data kependudukan seseorang telah terdaftar dalam pusat data kepen-dudukan nasional. Jenis KTP elektronik ini merupakan kartu kepen-dudukan dengan didukung oleh sistem informasi yang lebih akurat, aman, tertib administrasi karena sudah terintegrasi langsung dengan database kependudukan di Kemendagri,” terang Hari.
“Sehingga setiap penduduk hanya akan mempunyai satu nomor induk kependudukan walaupun penduduk tersebut berpindah ke luar daerah sekalipun. Sistem ini mengurangi kemungkinan seseorang mempunyai lebih dari satu KTP untuk melakukan perbuatan yang tidak bertanggung-jawab,” sambungnya.
Hari berharap kebijakan ini turut menyadarkan masyarakat agar berpatisipasi aktif pada pembenahan administrasi kependudukan. (ind)