Breaking News
Home >> Bontang - Kutim >> Disdukcapil Buka Stand

Disdukcapil Buka Stand

Layani e-KTP dan Akta Kelahiran

SANGATTA – Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Kutai Timur (Kutim), Pemkab Kutim melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kutim bakal membuka stand pelayanan e-KTP dan pembuatan akta kelahiran secara gratis kepada masyarakat Kutim.
Masyarakat Kutim cukup membawa kartu keluarga (KK) asli dan fotokopinya. Sedangkan untuk pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga asli dan fotokopinya, fotokopi e-KTP istri dan suami, akta nikah, surat keterangan dari bidan, atau puskesmas saja tinggal menunggu 10 sampai 15 menit, maka e-KTP atau akta kelahiran.
“Iya, jadi dalam pameran Expo HUT Kutim kita buka stand untuk pembuatan e-KTP dan pembuatan akta kelahiran. Nanti masyarakat tinggal membawa kelengkapanya, dan kami akan coba proses,” kata Kepala Disdukcapil Kutim Januar HPLA, kepada Koran Kaltim, Minggu (9/10) kemarin.
Lanjut Januar, selama expo berlangsung, masyarakat bisa langsung berkunjung dan mendaftarkan diri di stand Disdukcapil untuk keperluan perekaman data E-KTP dan pembuatan akta kelahiran tersebut.
“Kita buka stand expo mulai tanggal 12-17 Oktober 2016 dengan pelayanan perekaman e-KTP dan pelayanan pembuatan akta kelahiran. Akta kelahiran ini wajib bagi usia 0-18 tahun, dan pembuatannya gratis (tidak dipungut biaya),” tutur Januar.
Bagi masyarakat yang tidak sempat untuk datang di kantor Disdukcapil, kata dia, bisa langsung mengunjungi dan melakukan perekaman di expo Kutim mulai pagi hingga malam hari selama stand expo dibuka.
“Kami berharap dengan adanya pelayanan ini, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan mudah dan tanpa dipungut biaya sepeser pun,”imbuhnya
Ditambahkan Yanuar, selain membuka pembuatan e-KTP dan pembuatan akte kelahiran. Disdukcapil Kutim juga menerima akta kematian, akta perkawinan dan perceraian bagi non muslim. Begitu pula dengan akta pengesahan anak dan surat pindah, mutasi dan datang. “Itu yang kami dapat layani, mudah mudahan bermanfaat dengan adanya layanan ini,” pungkasnya (sab)