Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Disdukcapil akan Rekam Data Warga Binaan

Disdukcapil akan Rekam Data Warga Binaan

TENGGARONG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara akan melakukan rekam data kependudukan bagi warga binaan di Lapas Kelas IIB Tenggarong.
Kepala Disdukcapil Kukar, Getsmani Zeth mengatakan, langkah jemput bola tersebut dilakukan sebagai upaya mewujudkan wajib KTP-El bagi seluruh warga Indonesia. “Surat pemberitahuan akan kita kirim ke pihak Lapas,” kata Getsmani kepada Koran Kaltim, kemarin.
Disdukcapil Kukar, lanjut Getsmani, menargetkan 99 persen warga Kukar sudah melakukan rekam data kependudukan pada Februari tahun depan.
“Sekitar 90 persen warga binaan di Lapas Tenggarong adalah warga Kukar, jumlahnya cukup banyak, perekaman akan dilakukan beberapa hari mengingat seharinya kita melakukan rekam untuk 100 orang,” ujarnya.
Ia berharap, rencana ini mendapatkan restu dari Kalapas Tenggarong, M Ikhsan. “Kalau diizinkan kita langsung akan membawa alatnya. Disdukcapil tidak memaksakan, tapi ini merupakan program nasional. Di mana pada 2017 mendatang, seluruh warga wajib KTP di Indonesia sudah melakukan rekam data kependudukan,” terangnya.
“Para narapidana di dalam sana juga warga Kukar, mereka wajib diperhatikan sehingga ketika keluar nanti mereka sudah memiliki identitas yang sah,” sambungnya. (ind)