Home >> Kutai Kartanegara >> Disnaker Imbau Perusahaan Tak PHK Karyawan
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Disnaker Imbau Perusahaan Tak PHK Karyawan

Harga Batu Bara Berangsur Membaik

TENGGARONG – Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi (Kadisnaketrans) Kukar, Assobirin mengimbau seluruh perusahaan agar tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan, khususnya bagi perusahaan pertambangan batu bara mengingat harga jual yang mulai stabil.
Harga batu bara mulai berangsur membaik pada bulan ini. Kementerian ESDM menetapkan harga batu bara acuan (HBA) pada November 2016 sebesar US$ 84,89 per ton. Harga tersebut naik 23 persen dibandingkan Oktober 2016 sebesar US$ 69,07 per ton.
“Dengan kondisi yang membaik ini, kita berharap perusahaan tidak melakukan PHK,” kata Assobirin didampingi Kabid Pengawasan dan Hubungan Industrial, Panut.
Menurut Panut, sepanjang tahun ini, sudah lebih dari 1.400 karyawan pertambangan batu bara di-PHK.
“Itu belum termasuk sektor lain, seperti migas dan perkebunan kelapa sawit. Sektor minyak hampir setiap bulan melakukan pengurangan karyawan,” ujarnya.
Panut juga mengingatkan perusahaan agar tidak perlu khawatir terhadap karyawan yang bergabung dalam organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).
“Perlu diketahui karyawan yang menjadi anggota SPSI belum tentu menuntut macam-macam selagi perusahaan bekerja sesuai aturan. Kami minta perusahaan jangan alergi terhadap keberadaan SPSI karena akan memberikan masukan dan peringatan bila perusahaan itu melanggar aturan ketenagakerjaan,” imbuhnya. (ind)