Home >> Kutai Kartanegara >> Disnakertrans Bakal Bangun Pemukiman Baru

Disnakertrans Bakal Bangun Pemukiman Baru

Atasi Penyebaran Penduduk yang Tidak Merata

TENGGARONG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Kartanegara berencana membangun pemukiman baru. Program ini bertujuan agar penyebaran penduduk lebih merata.
Kepala Disnakertrans Kukar Assobirin berkata, skema perpindahan penduduk tersebut dalam rangka implementasi UU 29/2009 tentang Transmigrasi dan UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah.
Sesuai UU, kata dia, transmigrasi tidak hanya perpindahan penduduk dari luar provinsi atau kabupaten, tetapi juga termasuk perpindahan antar-kecamatan dan kelurahan/desa.
Program yang direncana-kan berjalan tahun depan ini akan memanfaatkan lokasi hak pengelolaan lahan transmigrasi.
“Jadi nantinya kecamatan yang kelebihan penduduk bisa pindah ke kecamatan yang masih kekurangan penduduk. Jadi tidak perlu dari luar daerah,” kata Assobirin kepada Koran Kaltim, Kamis (24/11) lalu.
Dia menjelaskan, program penataan pemukiman itu sepenuhnya dibiayai APBN. Melalui dana itu, pihaknya akan membangun satuan kawasan pemukiman (SKP) di wilayah eks transmigrasi dan desa asal untuk menciptakan kawasan baru yang berbasis ekonomi atau sentra produksi.
“Di dalam suatu desa ada yang namanya SKP (Satuan Kawasan Pemukiman, Red) atau pusat desa, di dalamnya nanti ada fasilitas pendidikan dan kesehatan. Contohnya sekolah dan puskesmas,” tutur Assobirin.
“Sementara Kawasan Perkotaan Baru (KPB) yang merupakan pusat dari SKP yang ada di sekitarnya akan dibangun infrastruktur yang lebih mencukupi seperti rumah sakit dan pusat produksi,” sambung Assobirin.
Dia yakin program ini akan berjalan lancar dan sukses menarik minat masyarakat.
“Tidak perlu membujuk masyarakat, mereka pasti mau pindah. Disnakertrans sudah memberi lahan, rumah, pekarangan, lahan usaha pertanian dan perkebunan,” terangnya. (ted1116)