Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Disperindagkop: Pasar Malam Lebih Tertib
Tego Yuwono
Tego Yuwono

Disperindagkop: Pasar Malam Lebih Tertib

TENGGARONG – Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperin-dagkop) Kutai Kartanegara mengklaim pengelolaan pasar malam di Kecamatan Tenggarong lebih tertib dari sebelumnya.
“Pasar malam sudah tertata dengan baik, aktivitas mereka tidak lagi dikeluhkan oleh masyarakat,” kata Kabid Pasar Disperindagkop Kukar, Tego Yuwono kepada Koran Kaltim, Kamis (13/10).
Menurut Tego, sebelum ditata, pedagang berjualan menggunakan jalan raya. Karena mengganggu ketertiban umum, aparat kecamatan kemudian memindahkan mereka ke lokasi yang lebih lapang.
“Dalam satu bulan terakhir ini saja, banyak masyarakat yang menyampaikan ke saya kalau pasar malam lebih tertib dan aman. Seperti di Mangkurawang, lokasi berjualan dipindah ke area Pasar Gerbang Raja. Begitu juga di kawasan Timbau yang dipindah ke dalam terminal, lalu di jalan Jelawat yang dipindah ke halaman kantor Kadin. Masyarakat mengaku cukup terbantu dengan kehadiran pasar malam ini,” terang Tego.
Menurut Tego, pemerintah pasti membina pedagang pasar malam asalkan aktivitas mereka tidak mengganggu ketertiban umum. Ia menyarankan agar pedagang melangkapi izin agar aktivitas mereka diketahui oleh pemerintah.
“Kami hanya memberikan masukan, kalau izinnya mati segera diurus ke kantor kecamatan agar menjadi legal dan berdagang tanpa halangan,” ujarnya.
Beberapa waktu lalu, Pemkab Kukar sempat berencana membubarkan pasar malam dan pasar liar di Kecamatan Tenggarong. Kebijakan ini menyusul demonstrasi yang dilakukan para pedagang Pasar Gerbang Raja Mangkurawang yang mengaku sepi pembeli. (ind)