Published On: Rab, Apr 3rd, 2013

Disporabudpar Benahi Kualitas SDM Bidang Perhotelan

BALIKPAPAN- Mengantisipasi persaingan usaha perhotelan di Kota Balikpapan, Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan akan melakukan pengembangan SDM untuk pegawai hotel, khususnya para pegawai hotel melati.
“Penurunan atau kejenuhan tingkat hunian perhotelan memang terjadi untuk beberapa hotel kelas melati, karena persaingan dalam pelayanan, ini yang menjadi permasalahan, dan akan kita benahi dengan pengembangan pelayanan jasa,” ujar Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan, Syaiful Bahri, Selasa (2/4).
Pihaknya mengatakan, persiangan antara tempat penginapan lainnya, seperti kos-kosan dan hotel melati cukup tinggi, berdasarkan data dari penurunan tingkat hunian, rata-rata dialami oleh hotel non bintang.
“Untuk persaiangan hotel berbintang cukup baik, apalagi mereka didominasi oleh jaringan baik nasional maupun internasional,” jelasnya.
Syaiful mengatakan, secara keseluruhan saat ini terdapat 66 hotel di Kota Balikpapan, dimana pihaknya juga tidak memiliki kewenangan untuk membatasi pertumbuhan hotel terkait dengan visi Kota Balikpapan sebagai kota perdagangan dan jasa.
“Membangun hotel baru kita susah membatasi, kalau pertimbangannya saat ini adalah persiangan dalam memberikan pelayanan itu yang akan kita benahi terlebih dahulu. Pasalnya masuknya investor yang bergerak di bidang jasa perhotelan tentunya mereka punya perhitungan keuntungan yang sesuai dengan hitungan bisnis,” pungkasnya. (pie)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web