Breaking News
Home >> Uncategorized >> DPD KNPI Kukar Adakan Penyuluhan Anti Narkoba
TES URINE: Kegiatan penyuluhan anti Narkoba yang dilaksanakan DPD KNPI Kutai Kartanegara juga disertai dengan tes urine sebagai bentuk kepedulian terhadap semakin maraknya penyalah-gunaan Narkoba.
TES URINE: Kegiatan penyuluhan anti Narkoba yang dilaksanakan DPD KNPI Kutai Kartanegara juga disertai dengan tes urine sebagai bentuk kepedulian terhadap semakin maraknya penyalah-gunaan Narkoba.

DPD KNPI Kukar Adakan Penyuluhan Anti Narkoba

TENGGARONG – Ratusan pelajar SMP dan SMA di Tenggarong, antusias mengikuti penyuluhan anti Narkoba yang digelar oleh DPD KNPI Kukar, di gedung PBSI Kukar, Minggu (16/10). Suasana semakin bertambah semarak, setelah di penghujung acara, hadir Komika, Dodit Mulyanto tampil menghibur dengan lawakan-lawakan khas stand up comedy.
Penyuluhan anti Narkoba tersebut dirangkai dengan beberapa kegiatan, mulai dari tes urine, pentas seni pelajar dan dialog seputar bahaya narkoba. Tes urine diikuti oleh Ketua DPD KNPI Kukar Junaidi, Sekretaris Rusdiono S.Hi, SH serta seluruh pengurus KNPI Kukar. Sedangkan dialog seputar bahaya Narkoba, menghadirkan empat narasumber yakni KBO Satreskoba Polres Kukar, Ipda Darnuji, Sekretaris DPD KNPI Kukar, Rusdiono, perwakilan BNK Kukar, Darsono serta perwakilan Depag Kukar Drs Syaifullah.
Acara penyuluhan sendiri dibuka oleh Staf Ahli Bupati Kukar, Wicaksono dan dihadiri Camat Tenggarong, Mulyadi, Sekretaris Disdik, Yuliandris serta para tamu dan undangan lainnya.
Ketua panitia pelaksana, Doni Setia Budi mengatakan, kegiatan ini sengaja ditujukan bagi para pelajar, karena generasi muda inilah yang menjadi sasaran utama dari para pengedar narkoba.
Sementara Satreskoba Polres Kukar, Ipda Darnuji berterima kasih kepada KNPI Kukar yang telah ikut terlibat aktif dalam mensosialisasikan bahaya narkoba yang sudah sangat mengancam generasi muda.
Ia mengatkaan hampir seluruh wilayah di Kukar sudah terjangkit narkoba, mulai dari pesisir hingga ulu Mahakam.
Berdasarkan data hingga Oktober ini, sudah terdapat 280 kasus narkoba, tentunya ini sangat memprihatinkan. Sementara itu dari 1.282 penghuni lapas Tenggarong, hampir 70 persen adalah tahanan kasus Narkoba. “Kaltim peringkat kedua setelah DKI Jakarta dalam peng-gunaan Narkoba,” katanya
Ketua DPD KNPI Kukar, Junaidi mengatakan persoalan besar yang dihadapi bangsa Indonesia sekarang ini adalah tiga yakni terorisme, KKN dan narkoba. “Bahaya narkoba sudah mengancam generasi muda, sehingga KNPI kukar merasa terpanggil untuk ikut serta berperan aktif dalam melakukan pemberantasan,” katanya.
Ia berharap hasil dari penyuluhan anti narkoba ini, nantinya bisa menjadi bahan rekomendasi bagi Pemkab dan DPRD untuk berperan melakukan pencegahan narkoba, salah satunya adalah dengan melaksanakan tes urine kepada para elit politik dan pengambil kebijakan di Pemkab.
Sementara itu, Staf Ahli Bupati Wicaksono memberikan apresiasi tinggi terhadap KNPI yang telah melaksanakan penyuluhan anti narkoba ini. “Tindakan penting dalam pemberantasan narkoba adalah edukatif dan prefentif, agar generasi muda mengindari keinginan mencoba-coba narkoba,” katanya. (adv)