Published On: Sen, Jul 22nd, 2013

DPT Pilgub, Samarinda Capai 565.387 Pemilih

KPU Samarinda Pangkas 28.926 Pemilih, dari DCS Awal Sebanyak 594.313 Orang

SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda telah rampung melakukan rekapitulasi hasil Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Kaltim 2013. Berdasarkan hasil rapat pleno pada (16/7) lalu, jumlah pemilih warga kota  Samarinda yang ada di 10 kecamatan dan 53 kelurahan, 565.387 orang. Dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 294.321 orang dan perempuan sebanyak 271.066. Dari angka DPT tersebut, KPU Kota Samarinda menetapkan bahwa memerlukan 1.570 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Samarinda.
Hal tersebut dikemukakan Ketua KPUD Samarinda, Syarifuddin Tangalindo Kepada Koran Kaltim Senin kemarin.
“DP4 yang kita terima sebelumnya jumlahnya mencapai 594.313, ada selisih sebanyak 28.926 dari DPT yang telah kita tetapkan. Pengurangan tersebut disebabkan oleh pemutakhiran data yang dilakukan petugas PPK maupun PPS untuk memastikan angka pemilih yang sesungguhnya di Samarinda,” ungkapnya.
Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya, disebabkan oleh daftar penduduk yang ganda, adanya mutasi dan migrasi penduduk baik antar RT,  kelurahan,  kecamatan, kabupaten maupun propinsi, penduduk yang meningggal dunia dan terakhir ada penduduk yang belum berumur 17 tahun namun masuk DP4.
“Namun, jumlah pemilih pada Pilgub Kali ini betambah dari sebelumnya,  sebelumnya 509.069 menjadi 565.387, ada 56.318 pemilih tambahan. Hal ini dikarenakan laju pertumbuhan penduduk di Kota Samarinda cukup tinggi tiap tahunnya,  jadi wajar ada penambahan untuk DPT pada Pilgub kali ini,” tambahnya.
Diakui pihaknya, persoalan DPT merupakan hal yang rentan sebagai salah satu bahan gugatan dan proses kepemiluan. Sebabnya, dalam proses pemutakhiran pihaknya sangat ekstra hati-hati dan teliti. Agar akurasi dari pemutakhiran data bisa maksimal. KPU Samarinda telah memekerjakan petugas lapangan terkait DPT hampir sekitar 1.570 orang.
“Pemutakhiran pada pilgub ini berbasis RT, jadi ada petugas di setiap RT melakukan pemutahiran data pemilih, sehingga akurasi datanya tinggi, karena TPS berbasis  RT,” tandasnya.
Pihak KPUD Samarinda berharap masyarakat Samarinda semaksimal mungkin menggunakan hak politiknya. Karena ini kesempatan bagi masyarakat menuju perubahan, karena sesungguhnya pemilu adalah sarana harapan bagi sebuah perubahan. Pada prinsipnya, KPU berharap angka golput rendah pada gelaran Pilgub kali ini. Oleh karennaya, KPU Samarinda tidak lelah dan jengah untuk menghimbau masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dan mensosialisasikan informasi yang berkaitan dengan Pilgub Kaltim 2013 yang akan digelar pada 10 September mendatang. (fac413)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web