Home >> Olahraga Nasional >> Dua Gelar Indonesia di Chia Terbuka
Gelar Perdana: pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo keluar sebagai juara di China Terbuka.
Gelar Perdana: pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo keluar sebagai juara di China Terbuka.

Dua Gelar Indonesia di Chia Terbuka

FUZHOU – Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir memastikan Indonesia meraih dua gelar pada turnamen China Terbuka yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, 15-20 November.
Tontowi/Liliyana meraih kemenangan setelah menundukkan pasangan tuan rumah yang belum lama dibentuk, Zhang Nan/Li Yinhui, dengan 21-13, 22-24, 21-16, pada laga final yang berlangsung, Minggu (20/11)
Pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut akhirnya berhak atas medali emas setelah memastikan laga ini berakhir dalam 1 jam 13 menit untuk kemenangan Tontowi/Liliyana.
Indonesia sebelumnya sudah mengantongi satu gelar lewat pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang menundukkan wakil Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen.
Sementara itu, China untuk kali pertama sepanjang sejarah turnamen ini, tidak mendapatkan gelar satu pun. Sebelumnya, mereka minimal mendapatkan dua gelar dari lima nomor yang dipertandingkan.
Kemenangan itu pun menjadi revans ganda putra Merah-Putih atas pasangan Denmark yang menempati peringkat tiga dunia itu setelah kekalahan pada turnamen Malaysia Terbuka 2015.
Sebelumnya, Kevin/Marcus telah menyingkirkan pasangan peraih medali perunggu Olimpiade Rio 2016 Chai Biao/Hong Wei pada putaran semifinal 16-21, 26-24, dan 21-19.
Tiga gelar lainnya pada tahun ini masing-masing tajuh ke tangan Denmark (Jan O Jorgensen), India (Pusarla Venkata Sindhu), dan Korea Selatan (Chang Ye-na/Lee So-hee).
Imam Nahrawi selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengucapkan selamat atas keberhasilan Kevin/Marcus. Pada akun twitter pribadinya (@imam_nahrawi) pria berkumis tipis itu megaku tegang menyaksikan pertandingan final ini. (jrn/sdn)