Home >> Kutai Kartanegara >> Dua Puskesmas Disiapkan Menjadi BLUD

Dua Puskesmas Disiapkan Menjadi BLUD

TENGGARONG – Dua Puskesmas dari 32 Puskesmas se-Kutai Kartanegara belum berubah status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).
Kedua Puskesmas itu adalah Puskesmas Tabang dan Puskesmas Muara Kaman. Keduanya saat ini masih dalam persiapan menjadi BLUD dengan diikutsertakan menjadi peserta pelatihan Laporan Keuangan PPK BLUD Bagi Puskesmas se-Kukar.
“Semua Puskesmas kita ikutkan dalam pelatihan pembuatan pelaporan keuangan, termasuk Puskesmas Tabang dan Muara Kaman,” kata Plt Sekretaris Dinkes Kukar, Imam Pranawa Utama saat membuka kegiatan pelatihan di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Rabu (23/11).
Menurut Imam, laporan keuangan bagi BLUD akan lebih karena sudah tersedia aplikasi yang terformat dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Kukar (BPKAD).
“Waktu belum berubah status menjadi BLUD, laporan keuangan harus diperiksa dan disetujui Dinkes Kukar terlebih dahulu,” katanya.
Melalui pelatihan itu diharapkan semoga laporan keuangan Puskesmas akan lebih baik. “Desember nanti penilaian kelayakan BLUD Puskesmas akan dilakukan oleh tim penilai dari kabupaten, mudah-mudahan semua Puskesmas bisa lulus penilaian dan layak mengelola BLUD, “ ujarnya.(ran415)