Breaking News
Home >> Headline >> Dua Ribu Pasukan TNI-Polri Siaga

Dua Ribu Pasukan TNI-Polri Siaga

DUA ribu pasukan gabungan TNI, Polri dan Satpol Pamong Praja disiagakan untuk pengamanan aksi damai bela Islam jilid III yang rencananya digelar 2 Desember 2016. Pasukan gabungan TNI-Polri dilengkapi senjata lengkap dan kendaraan taktis turut dalam barisan, saat apel gelar pasukan di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Rabu (23/11).
Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin mengatakan pihaknya bersama TNI dan unsur pemerintah siap amankan wilayah Kaltim dan Kaltara.
“Ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan dalam pengamanan. Jika ada yang akan gelar aksi demonstrasi. Selain kesiapan personel, harus didukung sarana dan prasarana serta perlengkapan memadai,” kata Kapolda, kemarin.
Tak hanya itu, untuk menjaga keamanan dan ketentraman merupakan hak seluruh warga Kaltim. Sehingga, penting dilakukan pencegahan dan penindakan jika terdapat kelompok yang hendak lakukan aksi rusuh.
“Silakan unjuk rasa, jangan sampai disusupi kelompok yang berkedok unjuk rasa, tapi lakukan tindakan anarkis. Hal itu yang menjadi perhatian,” beber Safaruddin.
Apalagi menurutnya, aksi unjuk rasa tersebut diharapkan tidak mengganggu hak orang lain. “Harus disadari, jangan sampai mengungkapkan hak kita, tapi hak orang lain terganggu. Itu yang kita imbau agar diluruskan. Sebab, selama ini terkadang salah tafsir,” sebutnya.
Ditempat yang sama, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Johny L Tobing menambahkan, peserta aksi yang akan dihadapi merupakan masyarakat yang patut dilindungi.
“Yang demo itu saudara kita juga, dan wajib dilindungi. Jika sudah mengarah ke aksi anarkis, polisi tak akan segan bertindak tegas. Kami hanya backup jika personel TNI diperlukan. Kami siap turunkan berapapun jumlahnya,” tambah Pangdam. (yud)