Home >> Kutai Kartanegara >> Edi Perintahkan Razia KTP
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Edi Perintahkan Razia KTP

Persempit Gerak Teroris di Kukar

TENGGARONG – Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah me-merintahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk melakukan razia KTP. Langkah ini dilakukan untuk mempersempit gerak teroris.
Kadisdukcapil Kukar Getsmani Zeth mengatakan, razia itu akan melibatkan seluruh pihak, aparat keamanan, kecamatan, kepala desa dan lurah hingga ketua RT.
“Direncanakan minggu depan seluruh warga Kukar di 18 kecamatan akan diperiksa terkait kartu tanda penduduk (KTP) mereka masing-masing, terutama bagi warga pendatang yang tinggal di kosan, rumah sewa dan mes perusahaan,” kata Zeth.
Masyarakat yang tidak bisa menunjukkan dokumen kependudukan akan diperiksa lebih lanjut di kantor kecamatan atau desa. “Ini sesuai kesepakatan bersama bapak wakil bupati,” terangnya Koran Kaltim, Senin (21/11).
Zeth mengaku bahwa masih banyak warga pendatang yang tidak melaporkan kedatangannya kepada ketua RT, khususnya mereka yang tinggal di rumah sewa dan mes perusahaan. “Ini yang menjadi sasaran kita dalam razia nanti,” ungkapnya.
Pemeriksaan administrasi ke-pendudukan, lanjut Zeth, penting dilakukan untuk mempersempit gerak teroris. Apalagi, baru-baru ini ada warga Tenggarong yang ditangkap aparat kepolisian karena diduga terkait dengan aksi bom molotov di salah satu gereja di Samarinda Seberang.
“Apalagi berdasarkan data dari pihak kepolisian, ada sekitar 100 orang yang diduga teroris berada di Kukar. Menyikapi itu, maka kita bergerak cepat memeriksa tempat-tempat yang dianggap rawan untuk persembunyian mereka, seperti mes perusahaan dan kos-kosan,” ujarnya. (ind)