Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Ekskul Bahasa Banyak Diminati

Ekskul Bahasa Banyak Diminati


korankaltim
korankaltim
2016-10-07 05:05:57
SMP 10 Raih Juara Lomba Baca Cerpen



SAMARINDA – Kegiatan ekstra-kurikuler bahasa di SMPN 10 memiliki banyak peminat, bukan tanpa alasan, terbukti ekskul ini pernah meng-hasilkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Mulai dari juara lomba karya ilmiah tingkat provinsi, juara membaca puisi tingkat nasional dan lain sebagainya. Tidak seperti kebanyakan kegiatan ekskul lainnya yang lazim dilaksanakan pada sore hari, ekskul ini justru dilaksanakan pada pagi hari, setiap hari Jumat.

Prestasi terbaru yang diraih adalah menjadi juara pertama dalam lomba membaca cerpen tingkat Kaltim dan Kaltara yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Kaltim, dengan diikuti oleh 28 peserta untuk tingkat SMP.

Berhasil menyisihkan peserta lainnya, SMPN 10 Samarinda mengiri-mkan Grace Eirine Sinaga, siswi kelas VII yang akhirnya keluar sebagai juara pertama.

Wakil kepala SMPN 10 Samarinda Bidang Kesiswaan, Nurdin menje-laskan, prestasi yang diraih tersebut, seperti sudah menjadi tradisi bagi SMPN 10 Samarinda, pasalnya hampir setiap kali gelaran lomba SMPN 10 selalu mendapatkan juara.

“Ini sudah menjadi tradisi, karena kita punya pelatih dari guru yang memang punya kemampuan di bidang tersebut,” ujarnya ditemui Koran Kaltim Kamis, (6/10).

Menurut Nurdin, hal tersebut juga dilatari oleh pembinaan yang dila-kukan secara berkelanjutan, serta komunikasi yang baik dengan para siswa, sehingga berhasil menarik para siswa untuk mengikuti ekskul tersbut.

Namun demikian, SMPN 10 Samarinda juga memiliki ekskul lain yang juga kerap berprestasi, salah satunya adalah ekskul bola basket. Bahkan baru-baru ini tim bola basket SMPN 10 Samarinda berhasil meraih juara pertama pada liga bola basket tingkat Kota Samarinda untuk jenjang SMP.

“Kalau Ekskul sebenarnya kita banyak, ada pramuka, basket. Nah basket kita beberapa hari yang lalu juara di liga basket Asisi cup,” paparnya.

Lebih lanjut Nurdin menuturkan, kegiatan Ekskul tersebut diharapkan bisa memberikan tambahan pilihan kepada siswa untuk bisa mengem-bangkan potensi diri sesuai dengan ketertarikan masing-masing.

Selain itu, dari prestasi yang diperoleh tak jarang akan mem-berikan kemudahan untuk mereka ketika akan melanjutkan ke jenjang sekolah selanjutnya.

“Dari prestasi-prestasi ini mereka bisa masuk ke SMA negeri lewat jalur prestasi, ini kan akan memudahkan mereka juga,” pungkasnya. (rs616)

loading...

baca LAINNYA