Empat Negara Ikut Dragon Boat International Kukar


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 06:00:35
TENGGARONG – Pemkab Kukar kembali menggelar kejuaraan perahu naga dengan tajuk “Mahakam Dragon Boat International” tahun 2016. Kejuaraan bertaraf internasional itu rencananya dirangkai Festival Kota Raja (FKR) 2016 pada tanggal 21-25 Oktober 2016.

“Benar, Pemkab Kukar kembali gelar lomba perahu naga bertaraf internasional, yakni Mahakam Dragon Boat International 2016,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar, Tajudin kepada Koran Kaltim, Jumat (7/10).

Kejuaraan itu rencananya akan diikuti sejumlah negara yang memang kuat dalam tradisi lomba mengayuh perahu, diantaranya Australia, Brunei Darussalam, Filipina dan Indonesia.

“Ada sejumlah negara sudah konfirmasi ikutserta, ada 144 orang peserta yang akan datang ke Tenggarong, Kukar,” ujar Tajudin.

Untuk akomodasi, panitia sudah siapkan dua hotel untuk peserta dari luar negeri, yakni Hotel Grand Elty-Lesong Batu dan Hotel Grand Fatma Tenggarong. Sedangkan peserta dari dalam negeri terdiri kabupaten dan kota di Kaltim akan menempati Mes Atlet di Komplek GOR Madya Aji Imbut, Tenggarong Seberang.

Perlombaan itu akan dipusatkan di alur Sungai Mahakam, tepat di sisi Tenggarong, dengan konsentrasi kegiatan di Pulau Kumala. Lokasi yang dipilih karena sangat representatif, mengingat sekitar alur perairan tersebut memang dilarang untuk dilintasi angkutan air.

“Disana, memang sering digunakan untuk kejuaraan tingkat lokal, regional hingga nasional dan internasional. Terakhir, even Pekan Olahraga Pelajar Provinsi juga digelar,” ungkap Tajudin.

Sesuai target awal, agenda tersebut diharapkan bisa meningkatkan sektor pariwisata di Kukar. Sebab, agenda tersebut perpaduan antara olahraga kreasi dengan prestasi, sehingga Pemkab Kukar kolabolari dengan FKR.

“Ada unsur menonjolkan pariwisata Kukar dalam momen FKR yang merupakan perayaan HUT ke-234 Kota Tenggarong,” tambahnya. (ale)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
1 week ago | dibaca 587 kali
img
korankaltim
korankaltim
1 month ago | dibaca 1.165 kali
img