Home >> Balikpapan >> Enam Sekolah Siap Laksanakan Full Day School
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Enam Sekolah Siap Laksanakan Full Day School

Disdik Masih Tunggu Surat Edaran Kemendikbud

BALIKPAPAN – Dinas Pendidikan Kota Balikpapan telah mempersiapkan sejumlah sekolah percontohan yang akan menerapkan Full Day School (FDS). Namun, Disdik hingga kini masih belum menerima surat edaran dari Kementerian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan.
Kadisdik Kota Muhaimin mengatakan ada sekolah negeri dan swasta yang disiapkan. Diperkirakan penerapan akan dilakukan pada tahun ajaran baru 2017. “Ada tiga SMP dan tiga SMA baru itu. Ada lagi tapi nanti kalo sudah ada surat edarannya dari pusat,” kata Muhaimin tanpa menyebutkan sekolah dimaksud, Minggu (27/11).
Dia menjelaskan penerapan FDS bukan berarti peserta didik belajar seharian di sekolah. Menurutnya, sistem yang memastikan bahwa peserta didik bisa mengikuti kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler termasuk penanaman pendidikan karakter.
Nantinya hari sekolah yang biasanya enam hari akan diberlakukan selama lima hari.
“Semua kegiatan sekolah dilakukan Senin-Jumat termasuk ekstrakurikuler nya. Sehingga anak-anak pada Sabtu dan Minggu bisa dimanfaatkan berkomunikasi dengan orang tua maupun masyarakat sekitar,” jelasnya.
Dia mengaku sudah menyiapkan sekolahnya sebagai percontohan penerapan sekolah penuh. “Kita ambil sekolah percontohan dulu dalam penerapannya tapi kita juga tunggu surat edarannya dari Kementerian dan arahannya seperti apa,” katanya.
Saat ini, pihaknya masih menunggu surat edaran dari Kementerian Pendidikan untuk mengetahui kriteria sekolah yang seperti apa dalam penerapannya dan lainnya. Namun, banyak sekolah swasta unggulan yang sudah lama menerapkan pola itu.
“Ya, walau belum ada surat edaran, kami tetap siapkan kalau pun nanti diminta oleh Kementerian. Sebenarnya full day school itu bukan hal yang baru karena sekolah swasta di Balikpapan sebagian besar sudah menerapkannya,” tukasnya. (din)