Breaking News
Home >> Ekonomi kaltim >> Faber-Castell Bersertifikasi Manajemen Lingkungan
PERLUAS PABRIK: Managing Director PT FCII, Yandramin Halim bersama istri saat menggunting pita sebagai tanda diresmikannya perluasan pabrik marker di Bekasi.
PERLUAS PABRIK: Managing Director PT FCII, Yandramin Halim bersama istri saat menggunting pita sebagai tanda diresmikannya perluasan pabrik marker di Bekasi.

Faber-Castell Bersertifikasi Manajemen Lingkungan

Miliki 7.500 Karyawan, Ekspor Produk ke 30 Negara

SEMUA pasti sudah mengenal dengan produk Faber-Castell, yang mulai hadir di Indonesia diawal tahun 1990 an dengan mendirikan pabrik pensil (PT AW Faber-Castell Indonesia), dan saat ini telah memiliki tiga perusahaan, yakni PT Faber-Castell International Indonesia (FCII) yang memegang operasional sales dan marketing di Indonesia sekaligus mengoperasikan pabrik marker, PT AW Faber-Castell Indonesia (FCI) yang merupakan pabrik pensil serta PT Pencil Leads Indonesia.
Dengan mempekerjakan sekitar 2.000 karyawan (per 31 Maret 2016), Faber-Castell di Indonesia juga telah mengekspor ke lebih 30 negara, meliputi kawasan Asia-Pasifik, Eropa, Timur Tengah, Afrika serta Amerika.
“Sebagai kawasan pasar terbesar dengan pertumbuhan lebih dari 10 hingga 20 persen per tahun saat ini ada di kawasan Asia-Pasifik. Sedangkan untuk total pekerja jika dihitung dengan perusahaan yang ada di luar Indonesia itu mencapai 7.500 karyawan,” ucap Managing Director PT FCII, Yandramin Halim kepada sejumlah media usai meresmikan perluasan pabrik marker PT FCII di kawasan industri MM2100 Blok OO-3, Cikarang, Bekasi, belum lama ini.
Sejumlah penghargaan pun lanjut Halim, pernah ditorehkan oleh Faber-Castell yang juga bertindak selaku distributor tunggal merk UHU yang memasarkan produk adhesive atau perekat di Indonesia. Penghargaan yang pernah diterima, diantaranya Investment Award, Marketing Award, Top Brand for Kids, Rekor Muri serta Indonesia Corporate Image Award.
“Yang terpenting adalah dalam menjaga standar baku manajemen dan lingkungan, seluruh perusahaan dan pabrik Faber-Castell, telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 atau ISO 9001-2008. Termasuk dengan sertifikasi sistem manejemen lingkungan 14001:2009 juga telah dikantongi oleh Faber-Castell. Komitmen inilah yang menjadikan Faber-Castell dalam menentukan kebijakannya selalu berpedoman untuk menjamin kualitas yang tinggi dan mengurangi dampak terhadap lingkungan,” ungkap Halim.
Ia menambahkan, di Indonesia Faber-Castell mulai serius menggarap distribusi dan marketing di Indonesia tahun 1999, yang didahului dengan perusahaan lokal bernama PT Faberindo Perkasa. Selanjutnya di tahun 2005, seluruh kegiatan operasional baru diambil alih oleh PT FCII. Adapun PT FCII kini memiliki 6 kantor perwakilan cabang dan 25 jaringan distribusi di Indonesia dan selalu tetap dalam komitmen untuk memberikan produk yang aman dan berkualitas. “Kami selalu memikirkan konsumen, walaupun konsumen belum memikirkan apa yang akan dibutuhkan,” terang Halim.
Untuk diketahui, Faber-Castell memiliki 5 kategori produk, yaitu playing and learning, produk menggambar dan mewarnai untuk anak usia 3-12 tahun, produk art and graphic, melanjutkan produk playing dan learning namun untuk usia remaja hingga dewasa, juga untuk orang dewasa yang memiliki hobi melukis. Selanjutnya produk premium, jenis alat tulis mewah untuk kalangan profesional, eksekutif dan kolektor, produk general writing dan marking, produk alat tulis untuk sekolah hingga perkantoran. (dme)