Breaking News
Home >> Kutai Kartanegara >> Faperta Unikarta Ingin Bina Petani di Desa Rempanga

Faperta Unikarta Ingin Bina Petani di Desa Rempanga

TENGGARONG – Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) berencana membina petani di Desa Rempanga, Kecamatan Loa Kulu. Sebelumnya, dosen dan ma-hasiswa telah bertahun-tahun mem-bina petani di Sumber Sari.
“Sudah dua tahun kami fokus membina petani yang ada di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu. Kita rencanakan akan melakukan hal yang sama terhadap Desa Rem-panga,” kata Dekan Faperta Unikarta, Muhammad Fadli kepada Koran Kaltim, kemarin.
Desa itu dipilih karena berdekatan dan jaraknya tidak jauh dari kampus Unikarta.
Fadli mengaku bahwa selama membina petani di Desa Sumber Sari, pihaknya lebih banyak menggunakan dana pribadi.
“Kami membeli bensin pakai uang sendiri, kebetulan Sumber Sari jaraknya dekat dengan kampus. Untuk makan minum kami bisa di kampus atau ke rumah masing-masing. Yang ter-penting bagi kami bisa memberikan pengabdian sebagai bentuk meng-aplikasikan ilmu yang sudah didapat di kampus,” ujarnya.
Menurut Fadli, Faperta Unikarta bisa saja membina banyak desa, tapi pembinaan akan lebih maksimal jika dilakukan secara bertahap.
Ia tidak ingin pembinaan berjalan apa adanya, bahkan terancam gagal seperti pembinaan Desa Mandiri yang digagas Pemkab Kukar.
“Memilih desa yang jauh dari kampus seperti di kecamatan pesisir sebenarnya bisa dilakukan dengan menggandeng perusahaan untuk membantu kegiatan. Tapi kami ingin fokus dari satu desa ke desa beri-kutnya,” pungkasnya. (ran415)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*