Festival Kota Raja Kembali Digelar


korankaltim
korankaltim
2016-10-06 05:00:48
TENG-GARONG - Guna mem-peringati hari jadi Kota Te-nggarong yang ke-234, Pemkab Kutai Karta-negara mela-lui Dinas Ke-budayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar Festival Kota Raja (FKR) 2016.

“Festival Kota Raja masih kita persiapkan, karena kita perlu menggandeng banyak pihak untuk menyelenggarakan festival ini. Ada beberapa pihak yang sudah bekerja sama dengan kami,” terang Kepala Disbudpar Kukar, Sri Wahyuni usai mengikuti ziarah ke makam Aji Imbut, Rabu (28/9) lalu.

FKR 2016 akan diisi dengan berbagai kegiatan yang didukung pihak sponsor dan pihak ketiga. “Di antaranya kita akan melaksanakan gelar produk kreatif seperti tahun lalu, juga ada pentas seni dan komunitas,” ujar Sri.

Selain itu, pihak ketiga selaku event organizer juga akan menggelar food festival dan colour run. Sedangkan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar akan mengadakan lomba perahu naga internasional.

“Tahun ini juga Dinas Pemuda dan Olahraga akan menyeleng-garakan Mahakam International Dragon Boat yang sekaligus dirangkai dengan kegiatan Festival Kota Raja,” beber Sri.

Kegiatan lain, akan ada festival Jepen yang di-support oleh Yayasan Total. Sementara untuk festival lampion, pemilihan duta wisata, dan kegiatan lainnya akan disponsori oleh Bank Kaltim.

Terkait festival lampion, Sri mengungkapkan, pada tahun ini tidak akan ada pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagaimana festival lampion tahun-tahun sebelumnya.

”Kegiatan tetap dilaksanakan, tapi jumlahnya tidak terlalu besar, ada sekitar 5 ribu lampion yang nanti akan kita lepas pada tanggal 22 Oktober 2016,” cetusnya.

Ditambahkan Sri, penyeleng-garaan Festival Kota Raja sendiri kini telah memasuki tahun kelima dan akan digelar selama sepekan. “Rencananya kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 19 sampai 25 Oktober 2016,” tukasnya.

Sri berharap, peringatan HUT Kota Tenggarong yang saat ini berusia dua abad lebih akan menjadikan Kota Raja sebagai kota wisata berbasis budaya yang maju, baik masyarakat maupun pariwi-satanya. (en/hmp02)

baca LAINNYA