Dipublish: 22 Februari 2013, 01:25

Forum CSR Segera Terbentuk

TANA PASER - Forum Corporate Social Responbility (CSR) yang melibatkan seluruh perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam waktu dekat akan segera terbentuk di Kabupaten Paser. Rapat pembentukan forum ini rencananya akan digelar di Grand Sadurangas Hotel, Sabtu (22/2) yang difasilitasi PT. Kideco Jaya Agung (KIDECO).
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Paser yang juga ketua formatur pembentukan Forum CSR Paser, H. Achmad Fuazi, mengatakan, sebelumnya tim formatur telah melakukan berbagai kajian terkait pembentukan Forum CSR. Seperti melakukan studi banding ke Bandung. Di Jawa Barat, Forum CSR merupakan salah satu yang terbaik dalam mengelola dana CSR.
“Kita mendapat masukan dari tim Forum CSR Jawa Barat, kalau pembentukan forum ini harus melibatkan elemen lintas sektor guna memaksimalkan peran perusahaan dalam menjalankan kewajiban atau tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat melalui CSR,”ujar Fauzi saat ditemui di sela kegiatan Musrenbang di Kecamatan Tanjung Harapan, Kamis (20/2).
Selama ini, sambung Fauzi, dana CSR perusahaan yang beroperasi di paser tidak tergarap secara maksimal karena belum ada forum CSR. Dengan adanya forum ini, diharapkan tidak ada program CSR yang tumpang tindih dengan program pemerintah.
“Kita juga akan mensosialisasikan peraturan bupati mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang erat kaitannya dengan permasalahan penyaluran dan implementasi CSR di Paser,”beber Fauzi.
Jika nanti Forum CSR sudah terbentuk, terang Fauzi, akan ditunjuk salah satu perusahaan sebagai duta Forum CSR. Tugasnya mengkomunikasikan apa yang menjadi kebijakan terkait implementasi CSR kepada Pemkab Paser.
Kegiatan yang digelar Pemkab Paser dan Kideco ini, selain mengundang 100 perusahaan lintas sektoral di Paser, juga seluruh dinas yang ada di lingkungan Setkab Paser. (San)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger