Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Fungsikan Watermaster Secara Profesional

Fungsikan Watermaster Secara Profesional


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:00:21
SAMARINDA – Kendati sudah mulai difungsikan sebagaimana mestinya, namun lebih banyak mengganggurnya alat pengeruk lumpur atau watarmaster, daripada dioperasikan, membuat akademisi Universitas Mulawarman Herdiansyah Hamzah merasa heran.

Menurutnya, Pemkot Samarinda seharusnya tak menggunakan prinsip musim atau momentum dalam menggunakan mesin seharga Rp14 Miliar dari Finlandia tersebut.

“Manajemen pengelolaan watermaster harus profesional, tidak boleh menggunakan prinsip tiba masa tiba akal yang hanya mengandalkan momentum. Yang terjadi selama ini ya seperti itu, watermaster digunakan pada musim tertentu, entah itu saat musim panas atau musim hujan, untuk mengatasi banjir, padahal tak seharusnya seperti itu,” kata Herdiansyah.

Menurutnya, pihak yang mengelola alat teresbut harus profesional dan jelas kepada siapa pertanggungjawabannya sehingga gampang ditagih jika alat itu mangkrak atau tidak digunakan.

Pemkot harusnya peka terhadap kritik warga terhadap pengoperasiannya. Harga watermaster yang besar harusnya menjadi tolak ukur jangan sampai dibeli mahal tapi minim manfaat. “Harga mahal, minim fungsi, kira-kira begitu keluhan warga karena selama ini memang belum terlihat fungsi dan kegunaan alat tersebut. Kan banyak titik vital yang harus dikeruk, mulai dari sepanjanng SKM, beberapa titik banjir seperti Sempaja hingga Bendungan Benanga yang pendangkalan atau sedimentasinya luar biasa,” ungkapnya

Karena itulah Herdiansyah berharap agar watermaster bisa difungsikan sebagaimana harusnya, mengeruk lumpur untuk mengatasi banjir dan yang diketahuinya saat ini ada di Jl Perjuangan, Sempaja, setelah itu membantu membersihkan sisa bongkaran warga SKM di Jl S Parman atau Ruhui Rahayu.

Seperti diberitakan harian ini, watermaster sempat beberapa bulan mangkrak dan baru bulan ini kembali beroperasi di Jl Perjuangan. Selanjutnya akan dipindahkan ke Ruhui Rahayu untuk membersihkan sisa bongkaran di kawasan tersebut. “Secepatnya watermaster akan dipindahkan dari Sempaja ke Ruhui Rahayu. Kalau sudah aman watermaster akan langsung diturunkan,” jelas Kepala Bidang Pengendalian Banjir Dinas Bina Marga dan Pengairan Desy Damayanti beberapa waktu lalu. (man)

loading...

baca LAINNYA