Home >> Politik >> Gaffar: Ketua DPD Kalau Bisa Juga Ketua DPRD

Gaffar: Ketua DPD Kalau Bisa Juga Ketua DPRD

Pergantian Kursi Pimpinan dan Alat Kelengkapan Dewan Samarinda

SAMARINDA – Sejumlah anggota Fraksi Golkar DPRD Samarinda tidak hanya menelan ‘pil pahit’ setelah terdepak dari kepengurusan partai. Beberapa diantaranya juga terancam lengser dari posisi strategis di Parlemen Kota Tepian, sehubungan dengan agenda rolling Pimpinan dan Anggota di Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang diwaca-nakan para petinggi Golkar Samarinda.
Ketua Golkar Samarinda, Jafar Abdul Gaffar membenarkan secara kelembagaan partainya bakal melan-carkan rekomposisi kursi pimpinan dan AKD. Kendati tidak menyebutkan alasan pastinya, namun Gaffar menilai rolling merupakan hal yang wajar dilakukan partai, terlebih menilik masa tugas dewan yang hampir setengah periode berjalan.
“Kalau rolling penempatan itu iya (akan dilakukan). Itu harus sebenarnya. Soal waktunya tunggu per-setujuan Golkar provinsi dan pusat,” terang Gaffar kepada Koran Kaltim, baru baru ini.
Diketahui, enam kader yang tak terakomodir dalam kabinet yang dibangun Gaffar saat ini mendominasi sejumlah jabatan strategis di Parlemen Samarinda. Mereka diantaranya Alphad Syarif menjabat Ketua DPRD, Adhigustiawarman memimpin Komisi III, Andi Saharuddin menduduki kursi Sekretaris Komisi I. lantas siapa saja yang kemungkinan terkena gelombang rotasi?
“Kalau (rolling) Ketua DPRD, kita lihat nanti apa rekomen-dasi pimpinan Golkar provinsi dan pusat. Tapi saya lihat statemen-nya Alphad dia bilang ikut perintah partai,” ujar Gaffar.
“Kalau dia bijak, ya memang wajar (ada per-gantian Ketua DPRD), kan sudah waktunya, dua tahun setengah. Kalau bisa ketua DPD-nya itu juga Ketua DPRD dan itu ada di Peraturan Organisasi (PO),” ungkap politisi yang juga merangkap Ketua Fraksi Golkar DPRD Samarinda tersebut.
Sebelumnya, Sekretaris Golkar Samarinda, Sutamsis mengungkapkan pihaknya memiliki dasar kuat melakukan rekomposisi AKD. Salah satu pegangan bagi Golkar Samarinda menggulirkan rekomposisi seiring terbitnya surat keputusan yang ditandatangani pimpinan Golkar Kaltim.
“Kita sudah menerima surat dari Golkar Kaltim tentang evaluasi pimpinan DPRD dan AKD. Tentu rotasi akan kita lakukan, kemungkinan setelah pelantikan pengurus Golkar Samarinda,” papar Sutamsis. (sof215)