Home >> Teknologi >> Gandeng Google, Gampang Cari Toilet
toilet

Gandeng Google, Gampang Cari Toilet

Sekitar 70 Persen Rumah Tangga di India Tak Punya Toilet

JAKARTA – Google Maps biasanya digunakan untuk mencari lokasi tempat dan penunjuk arah jalan. Namun di India, peta digital ini juga didorong untuk mencari toilet.
Seperti diketahui, permasalahan utama yang terjadi di India adalah minimnya ketersediaan toilet umum. Seperti detikINET kutip Engadget, Kamis (17/11), sekitar 70% rumah tangga di dalamnya bahkan tak memiliki toilet.
Bahkan menurut Public Radio International, 60% dari 1,2 miliar penduduk di negara ini masih sering buang hajat di tempat terbuka, yang jelas ini menjadi penyebaran penyakit yang serius.
Maka dari itu, Kementerian Pembangunan Perkotaan India coba bekerja sama dengan Google untuk mengembangkan sebuah alat pelacak toilet di dalam aplikasi peta digital.
Kerja sama ini diharapkan akan mempermudah penduduk untuk mencari toilet dengan memasukan kata-kata yang relevan seperti ‘toilet, lavatory, swachhata, dan shulabh’.
Maps akan menunjukan toilet yang terdekat dan tersedia. Tak hanya toilet umum, bahkan toilet yang berada di dalam hotel, restoran, rumah sakit, mal, dan gedung perkantoran, juga dapat terdeteksi.
Dalam aplikasi maps tersebut, mereka juga bisa mendapat umpan balik seperti memberikan penilaian terhadap toilet yang digunakan, apakah bersih atau sudah tutup.
Peta lokasi toilet ini kabarnya sudah akan tersedia di Delhi sebelum akhir November 2016 ini. (dtc)