Published On: Sen, Agu 5th, 2013

Geliat Bisnis di Balikpapan Perlahan Membaik

BALIKPAPAN- Kondisi perkembangan bisnis di Kota Balikpapan yang sempat mengalami kontraksi akibat menurunnya aktifitas pertambangan beberapa waktu lalu mulai membaik. Dimana indikasi tren outflow dana real time gross settlement (RTGS) yang mulai menyempit dibandingkan dengan tren inflownya.
Berdasarkan data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI)  Balikpapan, total nilai transaksi RTGS pada kuartal II/2013 mencapai Rp6,63 triliun dengan rincian Rp3,15 triliun merupakan transaksi outflow, Rp2,84 triliun untuk transaksi inflow, dan sisanya merupakan transaksi di dalam kota.
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Tutuk SH Cahyono mengata-kan, tren ouflow memang ma-sih menyempit sampai perio-de Juni kemarin. Namun, seli-sih yang semakin tipis antara outflow dan inflow menunjuk-kan adanya gairah bisnis yang mulai terjadi di Balikpapan.
“Tren di awal tahun yang sempat melebar selisihnya mulai mendekat. Ini ada indikasi kalau geliat bisnis di Balikpapan mulai nampak meskipun belum sepenuhnya pulih,” ujarnya dalam acara buka bersama dengan media, beberapa waktu lalu.
Selain dilihat dari transaksi RTGS, Tutuk menjelaskan, perkembangan kredit perbankan yang mulai membaik juga menunjukkan adanya gejala pemulihan dari imbas efek resesi pereko-nomian global. Tercatat, penyaluran kredit perbankan pada Kuartal II/2013 mencapai Rp19,5 triliun atau tumbuh 12,9 persen secara tahunan.
“Pangsa penyerapan kredit terbesar masih dari sektor perdagangan, disusul oleh sektor jasa dunia usaha serta sektor pertambangan. Ada akselerasi penyerapan di sektor jasa dunia usaha yang merupakan turunan dari sektor utama yakni pertambangan,” pungkasnya. (pie)

Bagikan Berita Ini

  • Facebook
  • Twitter
  • Blogger

About the Author

korkal99 - Berita koran harian di kalimantan timur, Kutai Kartanegara, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Berau, Bulungan, politik, pemilu, pilkada, kriminal, olahraga, ekonomi

Email
Print
WP Socializer Aakash Web