Kandungan Gizi Durian
Jumlah Per 100 g
Kalori (kcal) 147
Jumlah Lemak 5 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 2 mg
Kalium 436 mg
Jumlah Karbohidrat 27 g
Serat pangan 3,8 g
Protein 1,5 g
Vitamin A 44 IU Vitamin C 19,7 mg
Kalsium 6 mg Zat besi 0,4 mg
Vitamin B6 0,3 mg Vitamin B12 0 µg
Magnesium 30 mg
Google Berambisi Wujudkan Mobil Full Otonom

Google Berambisi Wujudkan Mobil Full Otonom


korankaltim
korankaltim
2016-10-08 05:05:34
Sudah Diuji sejauh 3,2 Juta Kilometer, dan Masih Diuji Lagi



Google merupakan salah satu perusahaan teknologi terdepan yang sudah menguji coba mobil tanpa sopir atau berteknologi otonom. Sejak 2009 hingga saat ini, mobil-mobil tanpa sopir Google sudah diuji sejauh 3,2 juta kilometer.

Mobil-mobil otonom Google masih akan terus diuji sejauh 25 ribu km per pekannya. Kendaraan yang diuji tersebut menggunakan basis merek Lexus maupun dibuat sendiri.

Namun, meski sudah menguji kendaraan otonomnya begitu lama dan jauh, mengapa Google belum juga merealisasikannya ke wujud produksi?

Bahkan, Google mengungkapkan baru siap memasarkannya pada 2020, empat tahun lagi.

Head of Self Driving Technology Effort Google Dmitri Dolgov menjelaskan, pihaknya ingin membuat mobil yang benar-benar tidak dilengkapi dengan setir kemudi maupun pedal gas dan rem. Artinya, pengoperasiannya benar-benar murni otomatis.

Hal ini berbeda dengan merek lain seperti Tesla Motors yang menggunakan fitur autopilot atau semi otonom di mana mobil masih mungkin dikendarai secara manual. Mobil Tesla yang menggunakan fitur semi otonom atau autopilot sudah digunakan oleh konsumen di seluruh dunia dengan jarak total 160 juta km, terhitung sejak Oktober 2015.

Menurut Dolgov, untuk mewujudkan mobil murni otonom diperlukan pengujian yang mendalam. Selain itu, lokasi pengujian adalah jalan umum, bukan trek yang dibuat khusus.

“Menguji mobil di trek khusus jauh lebuh mudah ketimbang menggunakannya di jalan perkotaan yang padat,” kata Dolgov, seperti dikutip dari Reuters.

Google sengaja menguji kendaraan otonom di situasi lalu lintas yang kompleks dan sulit diprediksi. Hal ini untuk mendapatkan data seakurat mungkin tentang bagaimana seharusnya mobil otonom "bergaul" dengan situasi lalu lintas yang kompleks.

“Anda harus benar-benar memahami secara mendalam tentang apa yang terjadi di jalan dan di sisi-sisinya. Setiap waktu Anda menggunakan mobil otonom, kondisinya akan terus berbeda,” ungkap dia.

Mobil Google dilengkapi perangkat yang mampu mendeteksi obyek bergerak seperti anak-anak atau sepeda. Keduanya bisa saja melakukan gerakan yang sangat tiba-tiba di jalanan. Mobil Google dilengkapi dengan teknologi yang bisa membaca pergerakan mendadak obyek-obyek tersebut lalu mengantisipasinya sehingga bisa menghindari tabrakan.

Saingan terdekat Google yang juga melakukan pengujian di California adalah perusahaan yang menyuplai perangkat lunak teknologi mobil otonom, Delphi Automotive. Berdasarkan data dari otoritas di California, Delphi Automotive sudah menjajal kendaraan murni otonomnya sejauh 26.659 km hingga Januari 2016. (okc)

loading...

baca LAINNYA

korankaltim
korankaltim
3 months ago | dibaca 1.159 kali
img